Pada bulan Maret, pemerintah memberlakukan insentif PPnBM 0% kepada beberapa mobil. Alhasil, beberapa mobil seperti Mitsubishi Xpander pun mengalami penurunan harga. Memang tidak terlalu signifikan, tapi tetap lumayan.

 

Hal ini membuat banyak orang mengambil kesempatan emas ini. Mobil yang terdampak pun jadi semakin laris karena penurunan harga.

 

Hal ini pun membantu Mitsubishi dalam perkara angka penjualan. Total selama bulan Maret 2021, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia selaku pemegang merk mobil penumpang dan niaga ringan Mitsubishi mencatat penjualan sebesar 8.848 unit.

 

Angka tersebut merupakan kenaikan 51% persen dari bulan Februari, alias naik 51,1% atau naik 3.006 unit. Adapun pangsa pasar MMKSI pada Maret 2021 adalah 12,4%.

 

Peristiwa ini sekaligus mencatat angka penjualan terbaik saat pandemi Covid-19.

 

Secara detail, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross menjadi kontributor terbesar dengan penjualan 2.996 unit atau 52,2%. Tentu saja, Xpander memang banyak diincar, apalagi Xpander terkena insentif PPnBM. Volume penjualan Xpander dan Xpander Cross pun tumbuh lebih dari 91,2% atau 2.206 unit.

 

Kemudian, kendaraan niaga L300 berkontribusi sebesar 26,5% dan Pajero Sport berkontribusi sebesar 13,6%.

 

Secara detail, inilah pertumbuhan yang dialami per model dengan penjualan terbaik dari MMKSI:

▪ Volume penjualan Xpander dan Xpander Cross tumbuh lebih dari 91,2% atau  2.206 unit antara lain merupakan dampak positif dari kebijakan Pemerintah  terkait insentif PPnBM 0%

▪ New Pajero Sport juga mengalami pertumbuhan penjualan hingga 42,9% atau 364 unit dikarenakan penyerapan pasar yang lebih baik setelah diluncurkan  pada Februari 2021. Sekaligus mencatat kenaikan pangsa pasar menjadi 49,5% pada segmen Medium SUV 2.500 CC

▪ L300 mencatat kenaikan pangsa pasar menjadi 65,5% di segmen Small Pick-Up  4×2

▪ Mitsubishi Triton mencatat kenaikan pangsa pasar menjadi 55,4% di segmen  Pick-Up 4×4.

 

“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah  mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors,  juga Pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM yang  memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander.  Dikarenakan adanya permintaan yang sangat tinggi untuk model tersebut, saat ini  kami berkoordinasi secara ketat dengan MMKI, terus memonitor dan memastikan  unit kendaraan konsumen dapat diterima dengan baik tanpa waktu tunggu yang  lama. Kami berharap konsumen dapat memanfaatkan kesempatan pelaksanaan  kebijakan relaksasi insentif PPnBM, serta ragam program spesial yang telah kami  persiapkan dengan baik, dan segera melakukan pembelian mobil Mitsubishi Motors  yang telah diidamkan dengan dukungan serta kemudahan layanan terbaik dalam  keseluruhan proses kepemilikan kendaraan Mitsubishi Motors, selama kesempatan  dan persediaan masih ada,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT  MMKSI.