Mengikuti balap seringkali bukan hanya melibatkan satu pihak. Ada banyak pihak yang dibutuhkan agar bisa mengikuti balap dengan kompetitif meskipun tidak menutup kemungkinan untuk kompetitif walau hanya sepihak.
Bahkan, pabrikan besar seperti Porsche masih mau bekerjasama dalam urusan balap. Kali ini, Porsche ingin ikut kelas balap mobil hybrid baru, yaitu kelas LMDh untuk mengikuti beberapa ajang balap seperti FIA World Endurance Championship WEC dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship Amerika Utara.
Peraturan untuk kategori LMDh menetapkan bahwa semua prototipe di kelas atas yang baru harus didasarkan pada sasis salah satu dari empat pabrikan yang disetujui (Multimatic, Oreca, Dallara dan Ligier).
Akronim LMDh sendiri adalah singkatan dari Le Mans Daytona Hybrid.
Pihak yang Porsche gandeng untuk bekerjasama adalah sebuah perusahaan modifikasi komponen untuk keperluan balap yang berkantor di Kanada, yaitu Multimatic.
“Multimatic adalah solusi paling jelas dan logis bagi kami,” kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Porsche Motorsport.
“Kami telah mengenal perusahaan yang sangat dihormati ini dan timnya yang terdiri dari para profesional berpengalaman selama bertahun-tahun dan sangat yakin akan kualitas pekerjaan mereka. Kami tidak perlu menjalin hubungan bisnis yang benar-benar baru dengan mereka, tetapi dapat mulai beroperasi . Itu sangat penting dan itulah yang dibutuhkan saat mengembangkan mobil balap baru. Sangat penting bahwa kita menghilangkan kerugian friksi untuk memastikan bahwa kami dapat melakukan pekerjaan yang sempurna dan memberikan apa yang dibutuhkan dengan cepat. Ada faktor lain dari manfaat tak ternilai: Satu bagian dari Multimatic, seperti mitra tim kami Penske, berbasis di Mooresville di North Carolina. Jarak pendek dan jalur komunikasi langsung akan sangat membantu dalam pengembangan prototipe LMDh masa depan dan dalam persaingan” tambahnya.
Sebenarnya, kedua perusahaan ini sudah lama bekerjasama. Multimatic pernah memasok shock absorbers ke Porsche 911 GT3 Cup baru, sementara komponen suspensi juga dipasang di Porsche 919 Hybrid Evo, yang pada 2018 mencatat sejumlah rekor putaran di sirkuit. seperti Nürburgring-Nordschleife, serta di mobil Porsche 99X Electric Formula E dan 911 RSR di FIA World Endurance Championship.
“Kemitraan dengan Porsche Motorsport ini merupakan puncak dari tiga puluh tahun membangun keahlian kami di bidang rekayasa dan pengembangan kendaraan kompetisi. Merupakan suatu kehormatan untuk dipilih oleh Porsche untuk babak berikutnya dalam kompetisi prototipe hybrid global,” komentar Larry Holt, Executive Vice President, Operasi Kendaraan Khusus Multimatik.
“Konsep LMDh, dan konvergensi aturan antara kejuaraan FIA WEC dan IMSA belum pernah terjadi sebelumnya, dan komitmen Multimatic untuk model baru ini menyeluruh. Kolaborasi ini terbukti berjalan mulus dan antusiasme tim terlihat jelas di setiap pertemuan. Saya sama-sama senang dengan pengumuman Porsche Penske Motorsport baru-baru ini karena kami telah menikmati hubungan yang lama dengan Roger Penske dan organisasinya, baik sebagai kolaborator maupun pesaing. Saya tidak bisa memikirkan tim yang lebih baik, selain tetangga kita di Carolina Utara, untuk mengkampanyekan mobil baru.”