Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mencatatkan prestasi membanggakan di Japan Cup 2024 Seri ke-2 yang berlangsung di Fuji International Speedway, Jepang pekan kemarin (23/6/2024).

Prestasi tersebut diraih lewat dua pembalap andalannya, Haridarma Manoppo yang berpasangan dengan pembalap Jepang, Kazuhisa Urabe.

Mengandalkan Toyota GR Supra GT4 Evo, keduanya mampu mendominasi race 1 untuk meraih finish di posisi pertama. Sementara di race kedua, mereka mendapat podium ketiga.

Untuk bisa menorehkan prestasi sebaik itu, TGRI memperoleh banyak input pengembangan dari para pembalap. Termasuk mempelajari kondisi dan karakter sirkuit di Jepang untuk memberikan peningkatan pada Toyota GR Supra GT4 Evo di seri ke-2.

Pada sesi latihan resmi pertama dan kedua, mereka pun mampu menempati posisi pertama Kelas GT4. Sementara saat kualifikasi pertama dan kedua mereka menciptakan lap time terbaik kedua dengan catatan waktu 1:48.438 dan 1:47.182.

Menariknya, Kazuhisa yang baru berusia 19 tahun dan masuk dalam program TOYOTA GAZOO Racing Driver Challenge Racing School (TGR-DC RS), memiliki segudang prestasi, bahkan pernah berlaga di ajang balap ketahanan 24 jam di Sirkuit Fuji dengan mengemudikan Toyota GR Supra.

Pengalamannya berkompetisi di sirkuit kebanggaan Toyota ini merupakan poin plus yang juga menjadi masukan berharga bagi Haridarma untuk bertarung lebih optimal di balap touring domestik Jepang.

Pencapaian ini disambut positif PT Toyota Astra Motor (TAM). Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan capaian double podium pada lomba Grand Touring Jepang merupakan capaian tinggi TGRI di kancah balap touring regional.

“Setelah menunjukkan grafik performa yang membanggakan bersama Toyota GR Supra GT4 Evo di seri pertama Japan Cup 2024, kali ini TGRI tidak membuang kesempatan tampil di sirkuit kebanggaan Toyota dengan merebut juara pertama race 1 dan juara ketiga race 2 Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-2,” ucap Anton.

Dari hasil yang di dapat ini membuat TGRI berhasil mengumpulkan 25 poin kemenangan dari seri ke-2. Perolehan poin tersebut menempatkan Haridarma Manoppo di Posisi Pertama Klasemen Pembalap dengan 77 poin Kelas GT4 Japan Cup 2024.

Dua minggu lagi, mereka akan berlaga di Suzuka International Circuit.