Akhirnya Recaro pun masuk ke Tanah Air melalui authorized dealernya. Semua sudah resmi berizin. Ini perjalanan panjang Concept Motorsport. DeepEnd tahu persis ‘pengorbanan’ Ferry Soehari, punggawa Concept Motorsport. Dengan menyebut proses, biaya dan waktu, ia berketetapan untuk komitmen memadukan kualitas global dengan mutu modifikasi di Indonesia.
Bagi segmen audiens DeepEnd, modifikasi mengutamakan SSF yaitu Safety yang tentu sangat mementingkan keselamatan mobilnya, Specification yang berbicara dengan prioritas akan suitability of specification dan Fitment yang berkaitan erat dengan fitment relation. Ketiga hal itu mesti tepat dan utama. Tak boleh salah.
“Teknologi hanya bisa dilawan dengan teknologi. Solusinya ada pada jok Recaro!”
Secara garis besar, apa saja sektor yang disentuh peminat modifikasi? Pada Casual Lover meliputi velg, suspensi, knalpot dan body kit. Sedangkan Performance Enthusiast menyentuh sektor mesin, velg, suspensi, knalpot dan aero kit.
Jelas terlihat di sini, sektor kabin DeepEnder nampaknya jarang disentuh. Anggapannya, teknologi dalam kabin sudah terlalu tinggi. Untuk apa lagi diutak-atik lagi, nikmati saja.
Tapi…, teknologi hanya bisa dilawan dengan teknologi. Solusinya ada pada jok Recaro!
Bulan lalu 122 buah jok Recaro sudah mendarat di Jakarta. Sebelum sampai pelabuhan, status joknya sudah ada yang pesan. Hanya tersisa 8 buah saja. Artinya 4 pasang lagi. Mungkin hari ini sudah tandas, tapi masih bisa dielus-dijamah-diduduki product displaynya, siapa tahu ingin menyesuaikan dengan Asian size, ukuran yang disediakan Concept Motorsport.
“Desain berkualitas tinggi yang khas adalah inti dari DNA merek kami,” kata Ulrich Severin, kepala Recaro Automotive Seating.
Baik kastemer individual, maupun rekan bisnisnya di daerah, terpincut pada kelima model yang ada. Pertama, tipe Comfort. Ini untuk mobil hari-hari. Kedua, Sport. Ditujukan untuk mobil-mobol sport Jepang. Ketiga, Premium. Menyasar mobil sport seperti BMW M4, Nissan GT-R atau sport coupe/roadster lainnya. Keempat, Motorsport. Mobil balap maksudnya, termasuk yang hanya wanna be. Sedangkan kelima yang amat menarik, yaitu Office Seat.
Semua desainnya memang jauh lebih modern. Enteng. Nyaman. Ergonomis. Bahkan beberapa sangat futuristik. Bahkan di tahun ini, menerima German Design Award 2019 untuk kategori ‘Excellent Product Design in Automotive Parts and Accessories’ di Frankfurt pada 8 Februari 2019. “Desain berkualitas tinggi yang khas adalah inti dari DNA merek kami,” kata Ulrich Severin, kepala Recaro Automotive Seating.
“Sehingga enteng saja bila jok karbon 50 jutaan sudah out of stock now. Indonesia memang hebat. If you can’t stand up just stand out!”
Mungkin para kastemer Concept Motorsport tahu soal penghargaan ini, dan tentunya paham benar sejarah Recaro. Sehingga enteng saja bila jok karbon 50 jutaan sudah out of stock now. Indonesia memang hebat. If you can’t stand up just stand out! Recaro di posisi harga ini memang jadi agak khusus, sebab yang benar-benar memuja personalisasi yang mau mengordernya. Kelas ini Richard Millenya jok. Pemesan jok karbon ini baru bisa merasakannya 6-12 bulan kemudian.
Di kelas Motorsport, masuk 7 pasang, juga sudah sampai ke garasi pembeli. Harganya sebiji Rp 31.5 juta. Modelnya udah jauh dari sebelumnya. Futuristik. Benar-benar racing.
Penggunanya mengaplikasikannya di BMW M2 Competition series. Bahkan Honda Estilo dan Daihatsu Coppen turut menggunakannya. Untuk menyesuaikannya, “Kita siapkan bracket/rel dan slider, jadi bisa dipakai mobil apapun,”ucap Ferry Soehari.
Sementara yang di kelas 20 juta rupiah, banyak diambil oleh toko rekanan. Ini peluang bagi mobil Jepang dan mobil populer di sini untuk ikut mencicipi tren Recaro ini.
Jangan salah, bukan saja performance enthusiast yang ‘diizinkan’ memakai Recaro, para casual lover, dipersilakan semakin ganteng dan tetap nyaman punggung-pinggangnya. Struktur jok yang berbentuk anatomis dan titik pinggul rendah memberikan pengalaman berkendara yang tak tertandingi, sementara hari ini sudah memenuhi kebutuhan masa depan dalam kendaraan otonom dan mobilitas elektronik. Hajarrr, sob!
Recaro di Cina
ANTISIPASI LEDAKAN PERMINTAAN
Produk aksesori otomotif premium semakin diminati di Cina. Recaro ikut menyasar pasar tersebut. Adient (Shenzhen) Performance Seats Co., Ltd., berkantor pusat di Shenzhen, Cina. Mitra dalam usaha patungan penjualan adalah Adient Asia Holding (50,01 persen saham) dan Shenzhen CSEMA Tech Co., Ltd. (sebagai mitra 49,99 persen). Kota Shenzhen memiliki populasi 12 juta dan dianggap sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
Besar dan berpotensi. Itu yang diantisipasi Recaro. Targetnya meningkatkan kesadaran merek dan kehadiran di segmen premium dan mewah. Jok tersebut diimpor dari markas Recaro di Kirchheim/Teck (Jerman) dan Higashiomi (Jepang). Model yang sukses Sportster CS, Cross Sportster CS≤ dan SR-7 SK100. Ketiganya memenuhi spesifikasi wajib China Compulsory Certificate (CCC) untuk produk impor dan portofolio yang dihomologasi sesuai persyaratan FIA (Féderation Internationale de l’Automobile).
Recaro Office Chairs
HEI BOSS, HADIAHKAN RECARO PADA KARYAWAN TERBAIKMU!
Recaro terdiri dari dua kata: REutter dan CAROsserien. Kata terakhir adalah padanan bahasa Jerman dari karoseri, sementara Reutter adalah nama keluarga Wilhelm Reutter, sang penemu awal, yang berasal dari lebih dari seabad.
Dalam perjalanannya, bukan saja mobil, tapi kantor juga jadi sasaran Recaro. Lewat jok atau lebih enak disebut kursi kantor Recaro. Dibagi dua model besar, Advantage Series dengan 5 sub model yaitu Specialist, EX II, Executive, Commander dan Titan, sedangkan Performance Series hadir dengan 2 sub model yaitu Sport dan Sportster CS.
Advantage Series itu bisa dipakai di workstation. Alangkah indahnya jika ada kantor yang memberikan jok ini bagi staf kantornya. Desainnya edgy, modern dan fungsional. Sementara Performance Series dimodelkan seperti Recaro sporty dan terpasang di mobil mewah.
Contact:
Recaro Indonesia @recaro_indonesia_official
Workshop:
Concept Motorsport @conceptmotorsport