PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar ajang penghargaan tahunan bertajuk Bodymaker Awarding 2025 di GIIAS 2025. Acara ini jadi bentuk apresiasi Hino untuk para karoseri yang telah lulus program standarisasi, sekaligus membuktikan komitmen Hino dalam menjaga kualitas bodi kendaraan niaga mereka di seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema “Bersama Menuju Kualitas Kendaraan yang Lebih Baik”, Hino menekankan pentingnya kolaborasi dengan mitra karoseri demi menghasilkan truk dan bus yang tidak hanya tangguh, tapi juga aman dan nyaman dari sisi bodi.

“Kami percaya bahwa kualitas kendaraan Hino tidak hanya ditentukan oleh mesin dan rangka saja, tapi juga oleh hasil akhir dari proses bodi kendaraan. Oleh karena itu, kami sangat menghargai peran serta karoseri dalam menjaga dan menyempurnakan kualitas kendaraan kami di mata konsumen,” ujar Susilo Darmawan, Sales Director HMSI.

Standarisasi Jadi Kunci

Program Bodymaker Standardization yang sudah berjalan sejak 2018 ini menilai mitra karoseri berdasarkan sejumlah indikator, mulai dari desain bodi, pemasangan yang sesuai manual, pemeriksaan pra-pengiriman (PDI), dokumen administrasi, hingga kesiapan layanan purna jual.

Dari proses seleksi ketat tersebut, Hino memberikan penghargaan dalam tiga kategori utama:

1. Hino 500 Standardization
2. Hino Bus Standardization
3. Renewal Standardization untuk Hino 500 dan Bus

Sebanyak 20 karoseri berhasil membawa pulang penghargaan tahun ini. Beberapa nama yang masuk daftar antara lain: CV Delima Mandiri, CV Nugraha Mitra Sejati, CV Surya Indah Pratama, CV. Tri Sakti, PT Adiputro Wirasejati, PT Adhikarya Perkasa, PT Alfaraya Mitraniaga, PT Gunung Mas Bersinar, PT Laksana Bus Manufactur, PT Mega Trukindo Utama, PT Mekar Armada Jaya, PT Metalindo Teknik Utama, PT Mitra Juang Majubersama, PT Nugraha Estetika Permai, PT Remaja Bengkel, PT Remaja Prima Engineering, PT Sukses Tunggal Mandiri, PT Sumber Karya Abadi Indonesia, PT Tentrem Sejahtera, dan PT Usaha Teknik Indonesia.

Sebagai bentuk penghargaan, karoseri yang terpilih juga mendapatkan sertifikat resmi, akses ke pelatihan lanjutan, serta dukungan digital dari aplikasi Portal dan PDI App Hino. Mereka juga direkomendasikan langsung ke jaringan dealer Hino di seluruh Indonesia.

“Bodymaker Awarding 2025 tidak hanya tentang penghargaan, tetapi juga tentang menjaga kepercayaan pelanggan dan memperkuat rantai pasok kendaraan niaga berkualitas tinggi di Indonesia. Karena bagi Hino, Total Support adalah janji dan komitmen yang dihidupi dari mesin, bodi, hingga layanan after sales” tutup Susilo.

Ke depan, Hino berencana memperkuat kolaborasi dengan karoseri nasional, termasuk pengembangan produk bersama dan pelatihan teknis bersertifikat. Semua ini demi satu tujuan: memberikan Total Support terbaik dari sisi mesin, bodi, hingga layanan purna jual.