Banyak orang rajin ganti oli, tapi lupa urusan rotasi ban. Padahal, hal sepele ini bisa bikin pengalaman berkendara jauh lebih aman dan nyaman. Yup, rotasi ban bukan cuma urusan teknisi bengkel, ini kunci umur panjang si karet bundar yang tiap hari melindas aspal.

Kalau Anda sering pakai mobil buat aktivitas harian, besar kemungkinan telapak ban depan bakal lebih cepat aus dibanding yang belakang. Alasannya simpel: rem depan kerja lebih berat, dan buat mobil penggerak roda depan, ban depan juga dapat beban ekstra waktu belok dan menyalurkan tenaga.

Masalahnya, kalau ausnya tidak merata, daya cengkeram ban bisa menurun. Ujung-ujungnya, mobil bisa kehilangan traksi, sangat berbahaya kalau sampai kejadian aquaplaning di jalan basah.

Rotasi Ban, Tak Bisa Asal Tukar!

Nah, biar awet, rotasi ban mesti disesuaikan dengan jenisnya. Kalau mobil Anda pakai ban bias, lakukan teknik crossing alias silang: ban depan kanan pindah ke belakang kiri, dan sebaliknya.

Tapi kalau ban mobil Anda berjenis radial alias directional, jangan sampai terbalik arah! Rotasinya cukup tukar posisi depan-belakang di sisi yang sama, depan kiri ke belakang kiri, dan begitu juga sebaliknya. Kalau salah arah, bukan cuma berisik, tapi juga berbahaya karena alur telapak jadi tidak optimal buang air di jalan.

Punya Ban Serep Full Size? Boleh Ikut!

Kalau mobil Anda dibekali ban serep ukuran penuh (full size), ban cadangan juga bisa diajak rotasi. Misalnya, ban serep ganti posisi ban belakang kanan, lalu ban belakang kanan pindah ke depan kiri. Nanti di rotasi berikutnya, ban serep giliran ganti ban belakang kiri. Intinya, biar semua ban merasakan posisi yang berbeda, keausannya pun merata.

Sekalian Spooring dan Balancing

Rotasi ban idealnya dibarengi dengan spooring dan balancing. Spooring itu buat nyetel ulang kaki-kaki mobil supaya arah roda tetap presisi. Kalau dibiarkan melenceng, efeknya bisa ke aus ban yang nggak rata dan setir yang “narik” ke satu sisi.

Sementara balancing fungsinya menyeimbangkan putaran roda biar mobil tetap stabil dan nyaman dikendarai. Kedua proses ini penting banget kalau kamu sering melibas jalanan yang nggak rata.

Bisa Sekalian Gratis di Auto2000

Auto2000 mengingatkan kalau rotasi, spooring, dan balancing bisa dilakukan barengan dengan servis berkala. Teknisi juga bakal sekalian ngecek tekanan angin, kondisi telapak, dan dinding ban. Kalau memang udah waktunya ganti, kamu juga bisa langsung beli ban baru di bengkel Auto2000.

Menariknya lagi, ada promo SIAP SEDIA – Siang-Siang Dapet Promo Servis di Auto2000. Servis berkala di hari Selasa–Jumat pukul 13:00–15:00 bisa dapet gratis 2 liter TMO Engine Oil plus diskon jasa 20%.

“Sesuai 3 pilar Life is Easy with Auto2000: Dekat, Nyaman, dan Lengkap, pelanggan juga bisa melakukan rotasi ban sembari servis berkala. Sehingga, kondisi ban akan selalu terjaga demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Segera booking servis berkala lewat website www.auto2000.co.id dan manfaatkan promo SIAP SEDIA di Auto2000 yang pastinya sangat menguntungkan,” jelas Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000.

Jadi, lain kali servis mobil, jangan cuma fokus ke oli. Ingat, rotasi ban juga wajib masuk checklist supaya perjalanan kamu tetap aman dan nyaman.