Bila kita bicara tentang offroad dengan fitur berlimpah, banyak yang menjawab mobil seperti Ranger, Range Rover, dan lain lain. Tetapi, bagaimana jika anda lebih suka berkendara dengan udara bebas menunggangi roda dua?
PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports sebagai model terbaru bagi pecinta sepeda motor adventure tourer sejati di Indonesia yang mendambakan ketangguhan untuk menjelajah jarak jauh.. Memang namanya sangat panjang, seperti jumlah fiturnya yang panjang jika dijabarkan.
Pertama dari sektor mesin, Honda CRF1100L ini menggunakan mesin 2 silinder SOHC berkapasitas 1.084 cc. Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga 75 kw pada putaran mesin 7.500 rpm, sementara torsinya adalah 105 Nm pada putaran 6.000 rpm.
Ketangguhan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin diperkuat dengan fitur yang lengkap dan canggih di kelasnya. Kehadiran sensor Inertial Measurement Unit (IMU) berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.
Motor adventure tourer ini juga telah dilengkapi pengaplikasian 4+2 riding mode, di mana pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Sementara itu, untuk 2 riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara.
Semua informasi ini ditampilkan ke layar TFT 6,5 inch touchscreen. Layar ini juga berfungsi sebagai spidometer, temperatur, dan pengaturan custom lainnya. Layar ini juga terkoneksi dengan apple car play dan bluetooth, fitur lainnya adalah Honda Selectable Torque Control atau HSTC.
Fitur ini memiliki 7 pilihan yang memungkinkan agar ABS roda belakang mati sehingga pengendara dapat menyesuaikan karakter motor dengan keinginan. ABS juga memiliki fitur cornering dimana fitur ini mencegah ban mengunci saat menikung. Saat menikung juga terdapat cornering light yang menerangi arah tikungan sesuai dengan arah kemiringan motor. Saat pengereman keras pun, ada fitur rear lift control agar ban belakang tidak terangkat.
Lalu disaat hentakan gas berlebih, wheelie control akan beraksi sehingga ban depan tidak akan terangkat. Dan jika anda menggunakan model DCT, terdapat fitur lain yaitu mode berkendara DCT. Mode tersebut adalah D dan S.
D adalah mode yang memberikan keseimbangan terbaik antara kenyamanan dan konsumsi bahan bakar. Sementara mode S memberikan sensasi sport.
Ada juga mode G yang memberi fluktuasi tenaga yang berguna di medan offroad, jika mode G mati, maka penyaluran tenaga akan lebih halus. Model DCT juga dilengkapi fitur cornering detect yang membuat perpindahan gigi lebih natural saat menikung.
Tampilan motor ini sendiri gagah, bodinya kokoh dan lebar. Visualnya juga fungsional karena tempat duduk yang ramping dan tangki bensinnya berkapasitas 24.8 liter.
Posisi berkendara motor ini pun bergaya rally dan offroad yang ideal. Semakin nyaman karena ada kaca depan yang bisa diatur ketinggiannya secara elektronik.
Sasis motor ini sendiri berfokus pada 3 sektor. Yaitu offroad, touring, dan harian. AHM menawarkan motor ini pada harga Rp 599.900.000 (On the Road DKI Jakarta) untuk varian manual dan Rp 599.900.000 untuk varian DCT.
AHM hanya merilis 1 varian warna yaitu tricolor yang merupakan kombinasi antara merah, putih, dan biru