Mobil kecil seringkali menerima stigma negatif sebagai mobil yang kurang aman karena dimensinya, tidak heran orang jauh merasa lebih aman dan percaya diri mengendarai mobil ukuran besar. Padahal, mobil kecil bisa menyaingi mobil besar perihal keselamatan seperti Mitsubishi eK X dan eK Wagon.
eK X (dibaca eK “cross”) dan eK Wagon adalah duo Kei Wagon di Jepang yang telah mendapatkan skor tertinggi oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Baik kei wagons eK X dan eK Wagon meraih nilai tertinggi ASV+++ dalam kinerja keselamatan preventif dan skor bintang lima (maksimum) dalam performa keselamatan tabrakan di tahun fiskal 2019 pengujian dan penilaian JNCAP.
Untuk meraih skor tersebut, Mitsubishi tidak hanya berkomitmen penuh untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi keselamatan aktif, tetapi juga pasif. Langkah ini sekaligus mempromosikan mobilitas masyarakat tanpa kecelakaan lalu lintas.
Mitsubishi melengkapi eK X dan eK Wagon dengan teknologi driver assistance yang mencakup langkah-langkah keselamatan preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan tabrakan.
Fitur keselamatan pasif yang ada seperti Lane Departure Warning (LDW) yang akan menginformasikan pengemudi dengan bel peringatan dan tampilan layar informasi ketika kendaraan akan menyimpang dari jalurnya, lengkap dengan Lane Departure Prevention (LDP) yang akan membantu pengemudi dalam memindahkan kendaraan kembali ke jalurnya.
Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua kei wagon ini mencegah akselerasi mendadak akibat penginjakan pedal yang salah dan Multi Around Monitor yang membantu pengemudi untuk memonitor lingkungan sekitar kendaraan saat parkir.
Selain itu, sistem pengereman Forward Collision Mitigation (FCM) yang mendeteksi pejalan kaki dan kendaraan di depan kendaraan, dan Automatic High Beam (AHB) yang berganti antara sorotan tinggi dan sorotan rendah dengan mendeteksi kendaraan sebelumnya atau yang akan datang dan tingkat kecerahan jalan dan sekitarnya, untuk memastikan mengemudi lebih percaya diri dan aman.
Baik eK X dan eK Wagon menerima skor tertinggi untuk pencegahan keberangkatan jalur, pencegahan kesalahan penggunaan pedal, dan sistem pemantauan tampilan belakang.
Namun perlu diingat, tabrakan tentu masih bisa terjadi, tetapi Mitsubishi eK X dan eK Wagon menawarkan performa keselamatan tabrakan tingkat tinggi dengan mengadopsi sistem keselamatan MITSUBISHI MOTORS RISE.
Sistem Ini menggabungkan desain bodi depan penyerap energi tabrakan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi, serta enam SRS Airbag yang meningkatkan kinerja perlindungan penumpang
Kei wagon dirancang untuk lebih meningkatkan keselamatan pejalan kaki dengan memasang struktur penyerap energi di kap mesin untuk melindungi area kepala pejalan kaki, dan struktur di dalam bemper untuk mengurangi cedera pada kaki pejalan kaki saat terjadi tabrakan.
Berikut nilai yang diraih duo Mitsubishi EK, sebuah skor yang sangat baik untuk mobil yang kecil.
Preventive Safety Performance
Item Evaluasi |
Skor eK X/ eK Wagon* |
Skor Maksimum |
|
Autonomous emergency braking system (Forward Collision Mitigation*)[Car to car] |
32.0* |
32.0 |
|
Autonomous emergency braking system (Forward Collision Mitigation*7) [Pedestrian] |
Daytime |
25.0*8 |
25.0 |
Night with lighting |
35.2 |
40.0 |
|
Night without lighting |
14.4 |
15.0 |
|
Lane departure prevention system (Lane Departure Warning*7, Lane Departure Prevention*7) |
16.0*8 |
16.0 |
|
Rear-view monitoring system (Multi Around Monitor*7) |
6.0*8 |
6.0 |
|
Advanced headlamp equipment (Automatic High Beam*7) |
1.4 |
5.0 |
|
Pedal misapplication prevention (Emergency Assist for Pedal Misapplication*7) |
2.0*8 |
2.0 |
|
Total |
132.0 |
141.0 |
Collision safety performance
Evaluation item |
Scores by eK X/ eK Wagon*6 |
Maximum score |
Passenger protection |
53.07 |
59.0 |
Pedestrian protection |
30.50 |
37.0 |
Passenger seat belt reminder |
3.0 |
4.0 |
Total |
86.5 |
100.0 |