Karawang itu jauh. Secara jarak, mungkin dirasa dekat karena sudah toll to toll. Tapi pengembangan tol jadi penyebab rumitnya jalanan. Bikin sendat, lama. DeepEnd masih merasa, sampai detik ini, jauh lebih cepat naik Vespa dari Bogor ke Bandung via Puncak, ketimbang Bogor ke Karawang via Cikampek. Tapi sekarang…, gegara SLK200K, Karawang jadi dekat di hati. For sure.

Sesosok SLK200K memang bikin penasaran. Maka dari itu, DeepEnd mantap berangkat ke Karawang untuk pemotretan. Ade, sang pemilik mobil, kadang di Cikarang, kadang di Karawang. Dia apoteker. Mengerti meracik. Sehingga SLK200K ini diraciknya dengan gaya yang sedikit berbeda sekaligus berani. Bannya meaty, velgnya harmonis dan sayapnya terpasang pantas. Tiga hal itu jadi sub platform modifikasinya.

Meaty, atau pada off-road biasa disebut beefy, merupakan akronim untuk ban yang terlihat lebih tinggi profilnya. Bannya lebih tebel gitu lah. Tidak narik.

A chick that is not fat but meaty.
Something you can grab.
Chick wearing tight jeans
and has a little bit of fat poking from both sides.
She’s meaty because she’s not fat
but there’s something to grab

Clean dan stance camber miring-miring jadinya fender to rims, “Nah…, saya maunya fender to tyres jadi lebih meaty.” Mobil ini acceptable, enggak stance, enggak racing. Makanya dibuat meaty, fashion follow function. Profil ban sedikit ngotak, memakai ban Advan Neova. Karakter meaty secara visual bisa diperoleh, lewat ukuran 245/40ZR18 di depan dan 295/30ZR18 di roda belakang, “Neova ini dipakai harian walaupun agak keras.”

Ukuran ban itu membalut velg dengan lebar 10 (offset 0) dan 12 inci (offset -5). Dampaknya fender diwidened 4 hingga 5 jari. Sebenarnya, SLK ini bisa terpasangi 19 inci, namun Ade merasa ukuran tersebut akan membuat proporsi bodi mobil jadi terbanting. Maka ia bertahan pada diameter 18 inci. Toh ada air sus, sehingga soal ketinggian tak akan terhalau oleh rintangan.

DeepEnd walau sebentar, merasa asyik juga menaikinya. Sejauh dikendarai, feelsnya dapet. Apalagi duduk di jok Recaro A8. Apalagi joknya sudah diretrim sama Ekin Alterpro Automotive. Apalagi air sus hasil setelan Ivan YM Autowheel. Apalagi, siang itu cerah sekali.

ADV1 10.0

REFRESHMENT WHEEL

Velg ADV1 10.0 Track Function ini sudah tangan kesekian. Terakhir ini dipakai di S2K, ukuran lebar aslinya 8.5+9.5 inci. Sehingga refreshment wajib dilakukan. Berikut tugasnya: repainting smoked brushed center face, replatting rivets in rose gold, repainting inner barrel in rose gold dan replatting center caps in rose gol. Intinya membuat velgnya segar karena aslinya hanya brushed lapis clear saja. Request Ade untuk dismoke palangnya, “Tapi gua pengen dengan 3-layer smoked. Terlihat lebih gelap tapi tetep terlihat ‘uratan’ dari efek brushnya,” ucap Ayub Waskita, rising star velg metropolis. Jamur dibuang, metalik ditambah, barrelnya dicandy dan pada rivetnya ditabalkan warna yang sedikit berbeda.

 

Varis FT86

LINU DEMI BERSAYAP

Satu lagi menarik dibahas adalah soal sayap. Kepunyaan Varis untuk FT86. Bukan buat SLK. Kesannya galak, tapi jadi kalem di mobil ini. Aslinya cebol, alias pendek. Malah mirip duck tail. Maka dari itu dudukannya dibuat custom. Kini menjadi lebih tinggi 10 cm. Dijebol secara baik-baik, kap bagasinya kini berlubang untuk mur-baut bracket tiang sayap. Saat dilubangi, “Agak-agak linu dikit, makanya pas proses ngebor itu enggak mau lihat.”

 


Data Mods:

Tyres Advan Neova AD08R 245/40ZR18 & 295/30ZR18, wheels ADV1 10.0 18x(10+12) inches,
front big brake kit Brembo 4 pot w/ 330mm rotor, rear big brake kit Brembo 2 pot w/ 300 mm rotor, custom yellow paint brake calipers , coilover KW Suspensions V3, air suspension Air Pride air 4 channel, air sus management Air Lift, custom paint yellow DeBeer w/ xyrallic, custom wide body front & rear fenders, custom body kit, custom carbon front splitter, custom carbon diffuser, custom carbon extension side diffuser, custom carbon roof, custom carbon doors handle, custom carbon side mirror cover, seat Recaro A8 w/ custom carbon back shell, retrim seat & door panel w/ saddle autoleder, wheel steer Victor, custom carbon interior (door panels, center console, wheel steer, speedometer panel), custom leather on suede pillar, custom pillar for mid speakers & tweeter, custom X pipes, exhaust full system Valvetronic, airfilter K&N, head unit Pioneer AVH-X5850BT, 3-way speaker Cressendo Opus 7, power ampli Ground Zero Hydrogen 4200 4ch, power ampli Crescendo Evo 1 monoblock, 2 subwoofer Crescendo Evo 110 10 inches, custom trunk set up w/ MB-Tech sysntetic leather


Workshop:

Wheels, tyres & fitment relation: Waski Garage @waskigarage
Air sus: YM Autowheel @ymautowheels
Retrim seat: Alterpro Automotive @alterproautomotive
Karbon fiber: Final Inspection Indonesia @final_inspection_indonesia
Body work & painting: Platinum Paint & Modification @vinoplatz