Freed ini sejak ratusan meter sudah bikin pangling. Terlebih jika kena sinar. Dari ujung ke ujung seperti sama rata catnya. Kaca pun dibikin bening, lengkap sebagai pendukung penampilan barunya. Untuk menghindari terlalu retro, Bhaladika Adhibrata menambahkannya dengan Xirallic. Hingga sedikit lebih gemerlap.

Xirallic sendiri adalah cat mobil, memberikan efek unik pada permukaan mengkilap dan halus. Ini adalah pigmen mutiara khusus, yang diaplikasikan bersama dengan cat dalam lukisan tiga lapis. Basis Xirallic adalah partikel aluminium dengan tingkatan yang sama.

Nama Xirallic diterapkan pada sejumlah cat pigmen. Kata ini berasal dari Jepang, di mana produk tertentu dipatenkan oleh perusahaan Merck KGaA. Xirallic masih diproduksi oleh perusahaan Jepang, Onahama. Namun, hingga saat ini, perusahaan lain juga telah menerima lisensi untuk produk tersebut. Biasanya nama ini diterapkan pada cat yang memiliki tiga lapisan dan memberi efek gloss dan sutra.

Dimana-mana di Indonesia, bahkan di Purwokerto, banyak pengendara memimpikan cat mengkilap. Berpotensi bikin patah leher, saat memperhatikan mobil dengan cat yang kilap, rapi dan bersih. Biasanya, sang pemilik mobil malah jadi “Obsessive-Compulsive Disorder”. Doyang mantau bodi, nyetirnya hati-hati, parkirnya dicek dua-tiga kali. Takut kotor, gores atau penyok.

Goresan setitik nila perlu kecil mengecat ulang bagian tersebut sepenuhnya, yang membutuhkan biaya keuangan tambahan.

Jadi itulah mengapa, DeepEnd ngebet banget meliput mobilnya Bhaladika Adhibrata. Ia ikut dalam Intersport Auto Show seri Purwokerto. Siang ditengok, sore dilihat, malam diintip, kok Freednya tetap asyik dan menarik. Xirallic adalah cat yang spektakuler, tetapi kelebihannya terlihat maksimal pada warna gelap dan jenuh.

Tapi…, tak hanya cat mocha brown Xirallicnya. Mahasiswa kelahiran Jakarta 27 Agustus 1996 ini memasangkan Kranze LXZ. Velg buatan Weds yang sudah discontinued ini merupakan salah satu desain Kranze yang paling populer dan diinginkan, selama 2 dekade LXZ berada di market.

LXZ pertama kali diperkenalkan sebagai desain mewah “Sport” yang sesungguhnya. Memadukan desain olahraga Jepang yang lebih tradisional dengan sentuhan akhir yang mewah. LXZ unik dengan menawarkan dua jenis wajah (FF dan FR) yang berbeda.

Jenis wajah FF adalah permukaan yang datar dan cocok untuk kendaraan dengan sistem rem yang lebih besar. Tipe wajah FR memiliki tipe permukaan cekung yang cocok untuk kendaraan dengan sistem rem yang lebih kecil, atau dapat digunakan di bagian belakang kendaraan di mana sistem rem biasanya lebih kecil.

Diameter sudah 18 inci. Lebarnya belang, depan 8.5 inci dan belakang 10 inci. Offsetnya 25 dan 20 mm. Dengan custom face yang dicat putih. Lebar seperti ini dibungkus ban berukuran 205/40 dan 215/40. Akibat dimensi-dimensi ini maka Bhaladika perlu sedikit tricky lewat custom arm dan adjustable camber. Perlu dimiringin, kalau tidak akan menghalangi pintu gesernya.

“Konsep modifikasi yang saya anut adalah elegan karena terinspirasi dari Vankulture tapi dengan velg yang cukup agresif di Honda Freed dan memang pengen static,” tutup Bhaladika. Nice car coming from bold concept.

 


Xirallic

PREPARASI HARUS TEPAT

Empat aturan yang harus diikuti untuk mencapai hasil paling spektakuler, yaitu:

  1. Pengecatan harus dilakukan hanya di workshop cat profesional. Di mana keberadaan partikel asing pada salah satu lapisan sepenuhnya dikecualikan selama pengecatan. Coba tanya ke Asosiasi Bengkel Cat @asosiasibengkelcat, pasti mereka mau membantu.
  2. Tempat penyemprotan cat harus dipanaskan, karena ketika suhu di bawah nol, lapisan tidak mengering seperti seharusnya, dan efeknya bisa sangat tidak menyenangkan. Misal, pernis akan cepat retak.
  3. Diperlukan peralatan profesional: kompresor dengan pistol semprot cat yang cocok untuk Xirallic (sederhana dan murah akan dengan cepat tersumbat dan rusak), penggosok orbital dan alat profesional lainnya, serta bahan terkait seperti pelarut, pita perekat, berbagai ampelas, primer, dan lain-lain.
  4. Komponen dari satu produsen harus digunakan untuk mengecat untuk menghindari ketidakcocokan. DeepEnder harus meminta master untuk menuliskan formula campuran, karena tidak ada yang aman dari kerusakan mobil yang tidak direncanakan, dan untuk mengecat area yang rusak, hampir tidak mungkin untuk menemukan jumlah Xirallic yang tepat tanpa mengetahui formula aslinya.

Workshop:

Repaint, bodywork & undercarriage: Keywalk Custom @keywalkcustom
Head lamp: DS HID @ds_hid

Data Mods:

Custom repaint mocha brown Spieshecker w/ Xirallic, full retrim black synthetic leather AP Force, body kit Mugen, tweeter Crescendo, speaker Crescendo, subwoofer Crescendo, head unit Pioneer, wheels Kranze LXZ 18x(8,5+10) inches, tyres Achilles ATR 205/40ZR18 & 215/40ZR18, suspension Tein Super Compact, custom arm, custom adjustable camber, open filter HKS, full exhaust ORD, custom head lamp DS HID