Bagi DeepEnd, velg mobil itu sama dengan arloji.
Semua tentang kepribadian (personality). Dengan variasi dalam gaya dan nilai, jenis jam tangan yang seseorang pilih untuk kumpulkan dan kenakan adalah indikator kepribadian yang paling nyata.

Bagi banyak penggemar, pengejaran jauh lebih memuaskan daripada mendapatkan. Itulah sebabnya mereka dapat menghabiskan banyak waktu dan bahkan lebih banyak lagi uang untuk mendapatkan buruannya. Hanya untuk menyimpannya dalam waktu yang relatif singkat sebelum menjualnya dan mendanai pencarian bagian selanjutnya.

Dengan penggemar diehard, selalu ada satu lagi untuk ditemukan.

Marco Hutomo salah satunya. Sekarang sudah 8 kali ganti velg. Mulai dari plus-plus offset, plus-minus hingga minus-minus. Berikut yang pernah dicolok:

  • Kranze LXZ: 19×10.5 et -14 dan 19×12 et -48.
  • Leon Hardiritt Waffe: 19×10 et +30 dan 19×12 et +15.
  • Leon Hardiritt Orden: 19×10 et +25 dan 19×11.5 et -10.
  • Super Futura Crown Jewel: 20×9.5 et +20 dan 20×9.5 et -20.
  • Vorsteiner VSC104: 19×9.5 et +25 dan 19×12 et +35.
  • SSR SP1: 19×9.5 et +20 dan 19×11 et +15.
  • BBS RS II: 19×9.5 et -20 dan 19×11 et -32.

Sekarang Marco pakai Crimson RS DP Cup 19×10 et -14 dan 19×11.5 et -47. DP CUP adalah desain tiga dimensi. Wajah di sekitar lubang tembus, dan piringan cekung jatuh dari tengah piringan, akan memunculkan keindahan permukaannya.


Ukuran segitu memang haram jadah. Konsekuensinya, pada camber belakang minus 4.50 derajat dan di area depan 4.75 derajat. Butuh sedikit wide body. Penyesuaian lebih sering terjadi di camber, sebab dimensi velg yang diaplikasi kerap berbeda-beda. Sebagai contoh, velg LXZ 19x(10.5+12) dengan offset depan -14 dan offset belakang -47 membutuhkan camber depan -5 dan camber belakang -7 derajat.

Crimson RS DP Cup ini velg yang sangat disayang-sayang. Dapat masih orinya silver brushed. Mau ngisi angin ban aja serem-serem, takut baret velgnya. Kebiasaan lama, muncul lagi, setiap ganti velg always merhatiin velgnya. Macam baru pacaran yang di awal-awal suka nanya, “Udah makan belum? Nanti sakit loh.” Ritualnya Marco, poles, poles dan poles, kalau lihat nila setitik pada velg itu. Pokoknya, habis hujan, kudu mandi wajib. Bersih!

Accelera Phi
BAN LOKAL ANDALAN STANCE

Kenapa pakai Accelera? Karena harga terjangkau, dengan kualitas lumayan bagus. “Dibandingkan dengan Toyo T1R yang ngegrip cuma berisik, atau dengan Toyo DRB yang tak terlalu ngegrip,” ucap Marco. Accelera Phi ini praktis saja, harganya hanya 60% dibandingkan impor tyres. Satu hal yang paling diingat adalah, “Side wallnya bagus kalau buat ditarik (stretch) alias ngebulat,” tegas Marco.


Workshop:
Audio & carbon works: FI Audio @fi_audio
Air suspension: DR Autowoks @dr__autoworks
Body works: Cattleya Auto @cattleyaauto

Data Modz:
Paint Salamanca Big Blue Pearlescent with custom Xirallic, custom design wide body front fender, custom design wide body rear fender, front body kit Carlsson, side skirt Carlsson, rear bodykit Carlsson, custom design carbon duck tail RENNtech, custom design carbon front splitter, custom design carbon side splitter, custom design carbon rear splitter, custom design carbon diffuser, front grill CLK AMG, headlight replacement w/ aftermarket Halo DRL LED projector, retrim front seats Wollsdorf tanned color w/ custom stitched design, back seats retrimmed Wollsdorf leather tanned color w/ custom stitched design, plafond retrimmed w/ Alcantara black suede, dashboard repainted w/ tanned color, door repainted trim w/ tanned color, back passenger’s trim repainted w/ tanned color, console box and panel repainted w/ tanned color, carbon panels interior (door panel, center console, power window switch), custom carbon shift knob, pedal set AMG, custom design trunk set-up w/ war themed (bombs, rocket, C4, dynamite), head unit Alpine IVA W520E, amplifier Cressendo 1A4 amplifier, amplifier Cressendo 1A1 amplifier, 3-way speaker Cressendo Evo Seven, 2 subwoofer Cressendo Etude 12 inches, processor Audison Bit 10, wheels RS Wheels DP CUP 19x(10+11.5) inches, tyres Accelera Phi 225/35ZR19 & 275/30ZR19, suspension Universal Air 4 channels solenoid, shoc absoriber KW Suspesion V2, adjustable control arm and pillow ball by RB Custom, air filter replacement K&N, carbon engine cover, custom stainless steel intake manifold, custom mid pipes, custom end pipes, quad exhaust AMG with custom dual tail pipes