Oiii DeepEnder…, dari sekian AE86 yang pernah kalian lihat di Indonesia, tahukah yang dirilis terakhir? Cluenya; restorasi, persis mirip tukang tahu, dan ikutan Intersport Auto Show 2019. Yesss, yang putih, persis kembarannya, Trueno Hachiroku, mobil operasional Fujiwara Tofu Shop di Initial D.

Orangnya sama. Nama mayanya Pengepul Mobil. Yang kemudian secara paralel juga memodifikasi Honda S2K. Dengan kualitas dan seni buildernya level dewa.

Alkisah sekitar tahun 2018, info yang masuk, S2K ini bukan berada di pulau Jawa melainkan menetap di pulau Sumatera. Kontak sana-sini, dengan tekad nan bulat, apalagi ini mobil memang impiannya sejak SMA, maka dijemputlah sang mobil idaman.

95 hari lebih kurang prosesnya.
Lebih dari 3 bulan.
Dikebut untuk mendukung The Elite Showcase.
Dibuat cepat secepat-cepatnya namun menjaga kualitas dalam kondisi maksimal.

Yang DeepEnd suka dari project ini, Pengepul Mobil melibatkan anak-anak motor dalam pengerjaan cat dan polesnya. Edannn, penasaran tentunya kita. Pemikiran out of the box ini mendasari goalnya. Anak-anak motor yang doyan modif dianggapnya lebih detail dan artistik. Pola ini mencetak bintang baru, malah dari anak motor yang kemudian bisa menghargai mobil untuk dimodifikasi. “Anak motor lebih kreatif. Hasil pengerjaannya bagus, khususnya cat, dan sering menang lomba,” ucap Pengepul Mobil.

Sesuatu yang layak kita apresiasi.

Dari Instagram bermula, Pengepul Mobil bertemu NS Custom. All things on exterior diserahkan ke Nana Supriatna, pemilik NS Custom. Teknik pengecatannya menggunakan metode flowcoat atau vernis 2 kali. Vernis tebal digunakan untuk mencegah vernis botak pada saat proses sanding polish.

Warna kuningnya pun spesial. Yellow Chrome dari Spies Hecker yang sedikit dioplos agar memberikan efek ketika terkena sorot cahaya. Plus base coatnya dari putih diubah menjadi hijau.

Setelah selelsai, prosesi polesnya menggunakan wet sanding. Ini bertujuan untuk menunjukkan hasil yang flat. Pengepul malah sekalian beraksi soal hasil akhirnya. Ia menunjuk Wave Guide menuntaskan in-depth polishing experience pada body skin. Padahal Wave Guide, lama malang melintang merawat motor.

Sebab tak mudah merealisasikan JDM Style. Jika tanpa makna, lenyap sudah aura dan karakter JDM.

Spoon pegang peranan.

Pabrikan modifikasi asal J5 Chome-2-8 Ogikubo, Suginami City, Tokyo, ini bergelut dengan Honda hampir 40 tahun lamanya. Sebelum mobil baru dirilis, Spoon sudah tahu. Hingga ajang Tokyo Auto Salon bulan Januari, bahkan di Tokyo Motor Show yang dihelat 4 bulan sebelumnya, Spoon sudah punya prototipe mobil modifikasi tersebut.

Pengepul Mobil mendatangkan secara langsung front bumper, rear bumper, side skirt, diffuser, hingga kaca spion pun buatan Spoon. Namun ada sedikit cerita. “Kaget kita pas nyoba masang body kitnya. Garisnya bodi dan bumpernya tidak ketemu,” ungkapnya. Lah Spoon aja bisa dikoreksi. Apalagi body kit rasa lokal yang harus diobrak-abrik lagi agar simetris. Itulah pentingnya QC sebelum diaplikasi.

S2K AP1 ini bahkan jadi semakin tak biasa. Tengok hoodnya. Ini bukan hardtop kaleng-kaleng. Hardtop dari Spoon yang sudah diuji coba di track balap, bertujuan mengurangi drag dan meningkatkan kecepatan. “Di sisi looks, memberikan kesan yang lebih galak dan track ready,” tegas Pengepul Mobil.

Pasangnya susah. Sedikit rumit bila tak sabar. Akibat komponen ini terdiri dari banyak sub komponen. Butuh 2 orang atau lebih untuk memasangnya. Setelah terpasang, kondisi kabin lebih panas dan noisy. Kok noisy? Karena ini kan didesain khusus untuk balap yang tidak menjadikan interior jadi kedap. “Dan banyak sirkulasi udara yang dibutuhkan untuk downforce mobilnya,” ungkap Pengepul Mobil.

Nah nah…, sudah?
Not yet!

Buka kap mesin, jakun pun tercekat. Is this the cleanest engine bay so far this year? Engine wiringnya tersembunyi dengan baik. Penataannya rapi. Proporsinya terlihat bagus. Walau sudah lama mampir di Tanah Air, tapi tren ini tak sembarangan orang bisa aplikasi.

Prosesi ini dikerjakan selama 3 minggu. Mulai dari kabel mesin, lampu, AC dan klakson dengan membuat jalur khusus melewati bagian sasis atau melubangi firewal. Tricky juga karena jalur khusus itu untuk kabel tanpa harus mengorbankan nilai fungsionalitas dan safety.

Agar safety, kabel harus dibungkus. Dan tak boleh kena panas melewati 70 derajat. Pada S2K ini ditaruh di samping fender, dan menjauh dari knalpot.

Fungsi wire tuck sebenarnya berasal dari balap.  Supaya mudah dan cepat untuk naik-turun mesin, tanpa terganggu urusan kabel. Tantangannya adalah fabrikasi pembuatan bracket-bracket.

Mesin 2.000 cc-nya pun tak luput dari modifikasi. Jeroannya dikalibrasi dan bobotnya dibalans ulang. Oil breed dipindah ke bagian kanan mesin. Pipa air intake pun custom. Radiator dan super carbon air intake box M & M R Honda Super tuning, serta sistem injeksi dipercayakan kepada ITB Jenvey Dynamics.

Pengepul Mobil lalu membawanya ke GE Racing yang melakukan finishing touch untuk kenyamanan berkendara. “Saya enggak mau pendek-pendek mobilnya. Minimal 6 jari itu sudah cukup, dan saya suka meaty tyre,” jelas Pengepul mobil mengenai stance yang ia inginkan.

Yap, itulah Fashion Follow Function yang motonya selalu jadi patokan DeepEnd.

Spoon

PENGALAMAN x CFD

Spoon itu bicara tentang penciptaan down force sambil mengurangi drag.
Faktor-faktor ini harus seimbang pada optimal untuk menghasilkan bagian aero yang benar-benar efektif.

Di Spoon, terjadi kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman balap selama 40 tahun, dengan CFD (Computational Fluid Dynamics) mutakhir untuk mengembangkan setiap bagian aero kendaraan Honda.

Harap dinotes benar-benar: untuk kendaraan Honda!

Semua produk prototipe diuji di lintasan dan divalidasi dari berbagai perspektif.
Kualitas menikung, stabilitas dalam keadaan apa pun, pengurangan hambatan, aliran udara melalui saluran untuk radiator serta kemampuan rem (berwarna biru) yang dipelajari agar bisa mengambil data suhu dari berbagai kinerja lintasan.
Setelah itu hasil ujian lapangan, direproduksi dalam grafik 3D, sebagai verifikasi CFD awal. Ketahuan, perbedaan tekanan di bawah tubuh dan di dalam lengkungan roda.


Workshop:
Body works: @ns.custom
Polishing & finishing: @waveguide.co
Engine: @juliuskertapati

Data Mods:
Spoon aero bumper, Spoon aero diffuser, Spion sports mirror, Spoon diffuser, Seibon engine hood, custom front splitter, custom exhaust, custom wing, WP Pro brake w/ ventilated piston, Rays CE28 wheels 17x(8.5+9.5) inches, Yokohama Neova tyres 235/45R17, M&M R Honda Super Tuning radiator, M&M R Honda Super Tuning super carbon air intake box, Jenvey Dynamics ITB injection system, ECU standalone link ECU by GE Racing