Samuel mudah jatuh cinta.
The only true love is love at first sight.
Begitulah menurut dia.

Keuntungan cinta pada pandangan pertama adalah Samuel menunda pandangan kedua. Rocket Bunny kicked his ass out. Semua ini terjadi tentu berkat shape yang tercipta. Tapi jangan salah, Samuel jatuh cinta pada BRZ, bukan Rocbunnya. “Mobil ini ternyata bisa bagus kalau diwidebody,” ucap member Highway Roller Surabaya ini.

Ia kemudian berpetualang. Hingga akhirnya memilih Aimgain GTF. Karena, “Menurut saya, body linenya masih terlihat rapi dan belum ada yang pakai.” Satu full set dipesannya. Ori otentik. Datang ke Surabaya dengan aman lancar jaya sentosa.

Weight reduction jadi fokus berikutnya. Samuel dengan gamblang ingin, “Power to weight ratio dan harus bisa dipakai harian.” Power to weight ratio atau rasio daya terhadap berat adalah pengukuran kinerja aktual dari setiap mesin atau sumber daya. Pengukuran kinerja kendaraan secara keseluruhan, dengan output daya mesin dibagi dengan berat dari kendaraan, untuk memberikan metrik yang independen dari ukuran kendaraan.

Mesin ini dengan segala setingan sudah mencapai 275 bhp. Basic mapping dari GReddy kit. Walau begitu, belum sempat upgrade lagi sebab lebih karena fokus daily drive. “Menurut saya, powernya sudah cukup untuk dalam kota,” ucap Samuel. Naik power dengan aplikasi turbo atau swap engine lebih cepet sebenernya, “Namun bisa compromise low center gravity jika swap engine,” kata kelahiran Surabaya 10 Januari 1990.

Bobot mobilnya kini menjadi 1 ton. Pengurangan bobot dengan penggantian komponen body carbon fiber. Signifikan sekali. Contoh, rangka 1 buah pintu asli beratnya sekitar 15-20 kilogram. Kemudian diganti dengan carbon fiber yang beratnya hanya 3-5 kg.

Pebe, owner Cattleya Auto, meminta Samuel mengganti kap mesin dengan karbon. Selain ringan, untuk udara panas di ruangan mesin akibat penambahan perangkat turbo bisa mudah keluar. “Kalau hanya kap mesin, tentu tanggung. Saya pikir perlu merambah penggantian komponen carbon untuk trunk dan pernak-pernik lainnya,” kata Samuel yang akhirnya juga menyentuh atap yang ketambahan carbon kevlar layer untuk penguatan struktur, dengan  kerangka atap original masih terpasang.

Hasilnya, kap mesin dan trunk menyumbang reduksi lumayan banyak. Kap mesin dari kurang lebih 10 kg menjadi sekitar 2-3 kg, sedangkan trunk dari 8 kg kinin hanya 2,5 kg. Bahan yang dipakai dry carbon pure, tanpa ada bahan fiberglass. “Cukup, saya belum segila sampai harus potong pilar A,” ucapnya.

Tadi sudah dijelaskan, body kit sudah mengalami proses reduksi. Mesin pun sudah naik level. Apalagi setelah disetup, karakter handling mobilnya tergolong mantab karena low center gravity. Karakternya kini lebih balance. Pokoknya, keep grinding! Your heart knows the way.

Untuk daily drive, masih bisa setel audio. Minimalis tanpa box aneh-aneh. “Fungsi bagasi tetap bisa dipakai untuk taruh barang-barang bawaan,” ujar pengusaha muda ini.

Bagi DeepEnd ada satu lagi yang asyik dicermati. Velgnya! Super Advan Racing SA3R Version 2 ini usianya sudah lebih 10 tahun sejak debut motif uniknya. Twin 3-spoke dengan konstruksi 2-piece. Dibuat dengan menggabungkan pressure casting dan forged rim. Warna yang terpasang adalah Titanium Gold.

Velg Version 2 ini tanpa center cap. Nama Yokohama Super Advan ditulis di sekitar lug hole. Tidak lagi tersedia dengan bibir berwarna. Sekarang polished lip dengan colored center. Sementara Version 1 muncul dengan less lip, tapi banyak colored lip dengan black barrel. Sedangkan SA3R Gen 2, desainnya jauh lebih agresif daripada Version 2, sudut miring dengan tepi yang tajam, dan tak punya colored center.

Super Advan SA3R version 2 di BRZ biru ini berdimensi 18x(9+10) inci. Dengan offset -7 di depan dan -20 di belakang. “Velg ini merupakan velg idaman semenjak saya melihat di tahun 2008 terpasang pada Silvia S15 di Sydney,” aku pemilik tinggi 170 cm dan berat 105 kg ini. Key pointnya di ukuran spec yang jarang ditemukan. Kesulitannya, harus mengubah PCD mobil dari 5×100 menjadi 5×114.


Workshop:
Body works, carbon, painting & under carriage: Cattleya Auto @cattleyaauto
Body kit: Luxury Autoparts Corp @luxuryautopartsco
Chassis parts: SP Garage @spdrift

Data Mods:
GReddy T158Z turbo kit, GReddy T518Z turbocharger 10 cm2 w/ actuator (GReddy original compact 18G turbo), Trust wastegate outlet 40 mm, Airinx AY-SB air intake 70 mm, lightweight GReddy tube & fin front-mounted intercooler, aluminium charge pipes (50-70mm dim) & reinforced silicone hoses couplers, aluminium heat shield, mounting brackets, gaskets, mounting hardware & rubber lines, HKS blow off valve, GReddy header, FIE downpipe, FIE Catback Exhaust w/ valvetronic remote control, Ecutech ECU reflash, PP Performance transmission module reflash, Walbro fuel pump, custom engine oil cooler w/ oil filter relocation, custom transmision oil cooler, Aimgain GTF front bumper, Aimgain GTF rear spoiler, Aimgain wide fender front, Aimgain wide fender rear, Aimgain side skirt, Aimgain GT-wing full carbon, Carbontech dry carbon add on side skirt, Carbontech dry carbon hood, Carbontech dry carbon roof, Carbontech dry carbon fender fin, Carbontech dry carbon door handle cover, Intec dry carbon tail light, Craft Square BRZ side mirrors, repaint Spies Hecker super sonic blue mica, Super Advan wheels SA3R version 2 18x(9+10) inches, Pirelli tyres Cinturato P1 225/40ZR18 & 255/35ZR18, KW Superclub coilovers, APP stainless steel braided brake lines, Endless big brake kit 6 pot, Project rotor 340 mm, Endless brake pads, custom bracket & hubcentre, Spoon rigid collar front set, Spoon rigid collar rear set, 86id front aluminium crash beam, Cusco front tower bar, Ultra Racing front 3-points tower bar, Ultra Racing front 3 points fender brace, Ultra Racing front lower 4-points member brace, Cusco rear tower bar, Ultra Racing rear lower 2-points member brace, Ultra Racing rear lower 4-points side member brace, Ultra Racing rear 2-points torsion bar, Buddy club P1 rear anti roll bar, SP Garage 6-point rollbar, Rays lug nuts, Alpine CDE-163EBT head unit, Mirage full range, Morell midbass, Soundstream power, Intersys monoblock power, Soundstream subwoofer 10 inches, Recaro Evolution 7 reupholstered w/ suede + diamond stitch, Varis shift knob, custom light panel & cluster from red to white-blue, reupholstered door trim panel w/ suede & diamond stitch, reupholstered steering wheel w/ suede, reupholstered hand brake w/ suede, reupholstered shiftboot w/ suede, Carbontech dry carbon interior panel, Defi DIN gauge, Defi boost gauge, AEM air fuel ratio gauge