Model velgnya punya 3 tipe, PF1 Ultrasport dengan konstruksi 1-piece monoblock, lantas PF1 Duo Series yang 2-piece duoblock, serta PF1 Targa Series dengan 3-piece step lip. Namun yang terpilih adalah PF1 Duo Series.

Mengapa? Sebab PF1 Targa Series mempunyai spoke di dalam lips. Sehingga agak terlihat kecil. Sementara PF1 Ultrasport, tidak memiliki desain concave yang memadai. Sedangkan PF1 Duo Series sangat jelas concavity, bigger spoke dan terdapat rivets yang menonjolkan kesan mewahnya.

Kelir cat Gallardo ini bertajuk Giallo Midas. Cukup terang. Sehingga memilih finishing velg kudu tepat. Gloss Forged Bronze pada velg tidak konfrontatif dengan bodi. Namun juga tidak melempem. Jika saja itu hitam, bisa jadi malah tenggelam.

Pada akhirnya, Brixton Forged yang berasal dari Los Angeles, California, ini, berhasil memperkuat kesan exotic. Directional spoke jika dilihat seksama membuat berbeda untuk sisi kiri dan kanan mobil. Brixton Forged membuat Duo Series dengan profil mono-center ringan yang dirancang untuk meningkatkan respons menikung dinamis, akseleratif dan mengurangi jarak berhenti keseluruhan.

Budi Wirawan membeli forged wheel tentu menyesuaikan dengan Gallardo 50 Anniversary keluaran 2013. Mesinnya 5.2 liter, 552 hp, 395-lb-ft mid-mounted V10, RWD dengan 6 percepatan. Hanya butuh 3.4 detik mencapai 100 km/jam.

Kelahiran 40 tahun ini, saat kuliah di Brisbane, sudah mencicipi Integra DC2, Type R, 3000 GT dan R32 GT-R. Sempat jeda sekian lama. Akhirnya hati nurani mulai terusik. Budi mulai gatal. Tahun 2018 dapatlah Gallardo mulus. Milik kolektor. Masih 4.000 km on going. “Dari segi brand, Lambo gregetnya dapet. Suara lebih menggelegar,” ucap pengusaha Solo ini.

Gallardo ini menjadi Lambo terakhir dengan setup real-clutch-and-gated-shifter. Seperti apa rasanya mengemudi? Suka basah sih kaosnya, kena panas mesin. Tapi sensasi yang khas muncul ada pada ciri akselerasi, pengereman dan belok lebih cepat. Namun suspensinya keras, “Setelah diganti H&R, jadi lebih ceper tapi lebih enak. 20% lebih enak dan empuk.” Keuntungan lain, sebelum dipendekin, velgnya nongol. Setelah lebih rebah, velg jadi lebih masuk.


Workshop:
Drivetech Auto Garage @drivetechautogarage

Data Mods:
Brixton Forged PF1 wheels 20x(9+12) inches, Michelin PS4S tyres 245/30ZR20 & 325/25ZR20, lowering kit H&R, DMC wing, authentic carbon rear diffuser, authentic carbon side skirt