Saat kita muda, apa yang tampak di depan mata, itulah yang menjadi impian. Apapun. Tapi lelaki, tentu bicara tentang mobil (atau motor). Ini barang lelaki. Ketika manusia berubah menjadi lebih prospektif, impian tadi datang kembali dan terealisasi.

Ervain Launru saat kuliah, jatuh cinta pada pandangan pertama pada sosok seri 3 ini. Di zamannya, siapa yang tak suka pada bentuknya? Rounded, compact, dari segala sudut menyenangkan dilihatnya. Salah satu simbol kemapanan yang sering diimpikan oleh banyak kalangan.

Hampir 2 dekade, Vibi, panggilan akrabnya, lupa. Namun memori itu muncul saja tiba-tiba. Sekejap, dibelinya mobil kawan yang padahal baru membeli 2 hari sebelumnya. Hari itu juga pindah tangan dan dibawa pulang.

“E46 is always fun to drive,” ucap Vibi. Apalagi setelah isi mesin direfresh total. Bahkan mesin M54 B25 naik jadi stage 2. Ciri khas mesin M54 kembali muncul. Tapi itu tak lama, sebab baginya #StandarSajaTakCukup.

Konsep modifikasinya “Neat & Clean“ sesuai periodenya. Mungkin saja anak sekarang tak ngeh. Wajar. Sebab ini banyak yang mengambil marwah awal tahun 2000-an. Dari 2 opsi, M-Tech dan M3, akhirnya M3 yang terpilih.

Kalau Rays punya TE37, maka OZ Racing tentu andalkan tipe Futura. “Keduanya nampak tak pernah salah nempel di mobil,” kata kelahiran Palu 22 Oktober 1986. Keyakinan itu perlu solusi, yaitu mengubah PCD teromol dari 5×120 menjadi 5×114.3. Ngikut PCD velg. Kemudian ban Accelera membungkus keempat velgnya. Ban ini dipilih yang sesuai agar bisa lebih celup dan tipis bertemu fender.

Air sus sendiri sama sekali tak berjumpa kendala. Hasilnya nyaman, “Dan hampir tidak ada kesulitannya, baik pemasangan maupun pemakaian harian.” Satu-satunya kesulitan adalah mengejar posisi dan bentuk bodi belakang, agar tidak nungging. Sehingga, “Kudu bongkar pasang untuk ngerubah dudukan bagnya.” 


Workshop:
Exterior, undercarriage & engine: Point 888 @point_888
Interior: Incar Car Interior @incar_car_interior

Data Mods:
M3 style body kit, natural wide body (radius), custom front fender M3 style, carbon fiber lips, custom grille, Spies Hecker paint red Ferrari, BMW CSL trunk style, Webasto sunroof Size L, M3 steer, full Zenda retrim interior, red seat belt, carbon fiber panel, carbon fiber seat, Pioneer head unit, Cello 3-way speaker, Cello mid split, Pioneer coaxial, Momentum power monoblock, Momentum power 4chanel, Directed sub 12 inches, ATS brakes 4 pot 320 mm, OZ Futura wheels 18x(9.5+11) inches, Accelera Phi R tyres 205/40ZR18 & 245/35ZR18, Airgen air suspension 4-channel, custom trunk set up + hardlines, custom camber kit