1-2 dekade lalu, banyak anak Indonesia kebawa mimi, eh mimpi, sama Subaru. Wherever you go, no matter what the weather, always bring your own sunshine. Subaru kemudian jadi sunshine di Surabaya.
Tanekatan memang tinggal di kota Bu Risma. Nostalgianya semasa kuliah dibawanya serta. Subaru WRX STI dibelinya di Ibukota. Pastinya sudah izin istri, tapi tentu tidak gamblang. “Saya putuskan pergi ke Jakarta, dan bilang ke istri mau beli mobil sedan,” ucap Tanekatan.
Istri menduga suaminya akan beli Accord atau Camry. Sudah bisa ditebak, diskusi domestik sempat memanas. Takut malah kebut-kebutan, malah jadi abengkron, anak bengkel kronis. Namun rintangan kecil terlewati, sebab mimpi kuliah memang harus diwujudkan. Gas pol, rem pakem!
Karakter WRX ini sangat enak, handlingnya sesuai yang diinginkan dan suara boxernya sangar. Walaupun, “Bawahnya agak lemot karena saya matic tapi tarikan atasnya mantap.”
Tanekatan juga tahu persis soal kesulitan modifikasinya. “Partsnya mahal dan inden yang agak lama,” ungkapnya.
Konsep modifikasinya street racing. Di bodi, disematkan front, side dan rear lips. Ketiganya ini dibalut warna hitam glossy. Very simple. Tapi posisinya membuat bodi bawah agak terisi secara visual. Cuma ada cerita lain rupanya, “Saya sengaja tidak pakai carbon karena saya sering memecahkan lips depan. Sampai sekarang sudah 3 kali lips depan pecah dan biaya repair carbon cukup mahal.”
Simplicity ini juga diterapkan kap mesin. Banyak yang tak ngeh juga, kalau yang terpasang adalah keluaran Varis. Sebab, dicat sewarna bodi. Looks clean tapi sebenarnya bukan stock. “Saya suka dengan model Varis tetapi saya tak suka dicarbon,” kata Tanekatan.
Sedangkan mesin sudah makin beringas. Disentuh oleh mekanik super andal, WW Autotechnic, kemampuannya bertambah dari 231.1 hp/310.9 NM menjadi sekarang jdi 326.8 hp/ 437.6 NM. Tentunya karakter mesin lebih galak, tarikan lebih mantap. Semuanya berkat gabungan aplikasi injector, tumble generator valve, fuel pump dan tak lupa tuning pada Ecutec.
Workshop:
ECU & engine: WW Autotechnic @wwautotechnic
Paint protection: Blink Premium Wash @blinkpremiumwash
Data Mods:
Ecutec ECU, turbo Tomioka Racing, AEM Fuel pump, Varis Hood, deep black roof wrapped, STI front-side-rear lips, Royal Purple oil, braided hose oilcooler in/out, GReddy oil pressure gauge, red colour safety belt, dynamic injector, tumble generator valve, Weds Sport wheels TC105 18×8,5 inches, Yokohama wheels Advan V105 225/40/18, Tein coilover, Tomei header, 2 radiator fan double speed, STI black emblem fender, AEM failsafe gauge, smoked rear lamp, Grimspeed big intercooler, Koyorad radiator, K&N open air filter, Perrin intake hose, Perrin oil catch tank, Perrin crank pulley, Perrin reserve tank, Perrin strut bar, Perrin sway bar, Summit aluminium engine cover, HKS Legamax exhaust, HKS blow off valve, STI shift knob, Tomioka Racing oil cooler, Tomioka Racing transmission cooler, JDM Version original wing, HT Auto rear diffuser, front brake Brembo 355 mm & 4pot, Dixcel rear brake rotor