Boleh dibilang timeless. Ketimbang Estilo, Nouva dan Wonder Setrika, tentu berbeda, sebab ketiganya ini wujudnya dua pintu, sementara Civic ES ini empat pintu dan lebih muda 1-2 dekade.

Nyaman dan irit.
Itu ciri khas lainnya.
Sebetulnya tak banyak modifikasi yang diapply di mobil ini karena konsepnya mengacu OEM ES3 RS yang beredar di negara lain. Sehingga goalnya adalah upgrade VT-i menjadi versi RS.

Mencari apa yang diinginkan, ngulik sendirian di platform manapun. Original partsnya lumayan susah, karena tak banyak pengguna mobil ini. Bahkan barang after market juga sulit dicari. “Dari pertama beli mobil ini sampai sekarang gue enggak nemu nozzle wiper originalnya,” ucap Dery Wiranata, adik dari Aldhy Darmayo, sang pemilik mobil sekarang ini. Dery lah yang menggenapkan modifikasinya. Kakaknya yang menikmati.

Di interior, Momo Spoon terpasang gagah. Setir yang sering digunakan para modifikator untuk mobil Honda. Di bagian belakang setir, nampak jelas terlihat boss kit CNC. Bahasa teknisnya steering wheel hub adaptor, materialnya aluminium billet. “Lumayan langka, titip teman di Thailand,” ucap Dery.

Pada eksterior, mobil ini baru saja selesai direpaint dengan warna unik, dan belum pernah dipakai orang. Jadi kalau ditanya kode warna atau nama warna, Dery dan Aldhy pun tak paham. Sebab ngaduk sendiri. Tapi oplosan ini dekat ke Pantone Petite Four.

Velg Advan RG ring 16, sudah paling tepat nempel di bodi. Model dan warnanya cocok pada bodi dan cat mobil. “Menurut saya sih enggak terlalu istimewa kok velgnya, yang diutamakan pakai velg ori saja,” kata Dery merendah.

Sebelumnya pernah pakai ring 17 inci, dengan Enkei tulang, Enkei Spider dan SSR Type C. Beralih ke ring 16 supaya kesan racingnya lebih dapet. Gol itu didukung Advan Neova AD08 R ukuran 205/50 yang punya rapid reflex twin ribs dengan manfaat menambah kestabilan dan respon cepat pada saat kecepatan tinggi.

Tentang ground clearance, dipercayakan pada coilover Silver’s. Coilover membuat handling lebih dapet saat mau tancap gas. Selain memudahkan saat fitting velg. Konstruksinya pelat T6 6061 yang dapat disesuaikan pada semua aplikasi gaya suspensi sistem McPherson. Mempunyai 24 tingkat penyesuaian peredam dikombinasikan dengan oli kejut kelas tinggi.

Sementara kondisi mesin, standar saja. Hanya direfresh total, supaya perasaan selalu tenang saat bawa mobil jarak jauh maupun dekat. Bahkan sempat pakai open air filter oleh pemilik sebelumnya, tapi dikembalikan ke box filter original dan ganti replacement filter K&N. Hanya pada bagian knalpot dioptimalkan. Piping dari depan sampai belakang dan muffler pakai punya Civic Limited R yang sangat rare. Masuk ke Indonesia hanya beberapa unit saja, saat ada anniversary dari Honda, lebih 1 dekade silam.


Workshop:
Painting: Rajawali Auto Garage @RAG_bodyworks
Accessories: Low & Hasty @lowandhasty
Detailing: Aloha Detailing Bekasi @alohacarsdetailing

Data Mods:
Honda Civic ES facelift 1 modified to non-facelift, ES3 RS head lamp, ES3 RS front lips, ES3 RS rear lips, ES3 RS spoiler, ES3 RS grill, Honda Civic Limited R full piping, Honda Civic Limited R muffler, Silver’s coilover, Hard Race rear camber, Yokohama wheel Advan RG 16×7.5 inches, Yokohama Advan tyre Neova AD08R 205/50R16, Rays lug nut, Momo Spoon steering wheel, CNC boss kit & extender