Enak banget lihat daily stance MKV ini.
Dia punya spek asli velg 17 inci dengan lebar 8.5 dan 9.5 inci. Oleh pemiliknya, Dayua Daris Abyan a.k.a Daris, diubah ke diameter 18 inci dengan step-up kit di lebar 9.5 dan 10.5 inci.

Sepertinya mudah, hanya naik 1 inci. Ternyata tetap timbul sedikit trik. Kesulitan ada pada pemilihan lebar lips dan barrel yang tepat agar bisa duduk manis saat air out. Ini disebabkan masih ingin mempertahankan bentuk fender standar.

Caranya dipilihlah lips depan 2.5 inci dan barrel 6.5 inci, lantas lips belakang 3 inci dan barrel 7 inci. Setelah dapat, di belakang kemiringan camber disetel di -3. Angka-angka ini tentunya setelah melibatkan ban Achilles ATR Sport 215/35 di depan dan 215/40 di belakang.

Dari sektor ini kemudian merambat di bodi, sebelum akhirnya ke suspensi. Daris masih ingin mempertahankan bumper standar. “Kecuali bibir depan yang dicustom model MKV Golf Edition 30,” ucap desainer grafis freelance. Perbedaannya sedikit, namun kentara. Versi standarnya lebih membulat, sedangkan yang kini terpasang lebih runcing.

Beres di bodi dan roda, tinggal kalkulasi ke suspensi. Kebetulan bukan static. Suspensi menggunakan Air Force. Bukan baru, melainkan seken bekas Scirocco. Ternyata plug n play di Golf. Kondisi masih baik namun terkendala pernah putus selang anginnya akibat penggunaan velg yang lebih lebar.

Bagi DeepEnd, Daris merupakan persona yang amat memerhatikan detail. Atensinya sangat tinggi untuk hal ini. Selain modifikasi yang dibahas di atas, Daris menyentuh detail kabin, audio dan mesin.

Sentuhan tersebut terjadi pemasangan paddle shifter extender berbahan alumunium. “Ini biar lebih keliatan, karena paddle shift GTI aslinya kecil, ngumpet dan kadang sulit dijangkau,” ungkap kelahiran Tasikmalaya 9 Oktober 1994 ini.

Pada audio, kini ditambahkan dengan Pioneer SPH-DA120. Alat ini merupakan Apple CarPlay yang berwujud Capacitive Touch Screen 6.2 inci, dan kompatibel GPS, Bluetooth, Android and iPhone. Yang menarik SPH-DA120 mendukung mode aplikasi radio. Intinya, memungkinkan Daris menikmati semua manfaat konektivitas ponsel pintar. Musik, video, foto bahkan streaming. Barang kecil, tapi gunanya banyak.

Sedangkan pada mesin, diverter valve memakai GFB DV+. Katup pengalir pabrikan memang lemah, ciri khas kendaraan modern. Lebih parah lagi ternyata mudah patah dan sering bocor. Tentu bukan sekadar hardware function, tetapi punya manfaat membuka lebih cepat 10%, menutup 50% lebih cepat daripada stock part.

Semua memang dilakukan dengan penuh hasrat. Padahal di awal, konsepnya racing dengan coilover, velg BBS CK 19 inci, ban ngotak dan tuning mesin sedikit.
Tapi semua berubah gegara airsus bekas Scirocco tadi.
Dalam sekejap, berubah konsep jadi stance. 


Workshop:
Body works: Rajawali Auto Garage @rag_bodyworks
Air suspension: AT Motorsport @at_motorsport
Engine maintenance: CK Motorsport @ckmotorsport

Data Mods:
R8 coil pack, GFB DV+, Ultimate Racing turboback exhaust 3 inches, Dastek piggyback Q4, AirForce suspension bag over coilover 2-point, OZ wheels Futura 18x(9.5-10.5) inches, alumunium paddle shifter, Pioneer car multimedia receiver SPH-DA120, painted air tank w/ “Coca-Cola” decal, custom Edition 30 front lip, Golf R32 tail light