Kehidupan telah berubah mendadak sejak adanya Covid-19 yang sudah dinyatakan sebagai pandemi dunia, sebuah kejadian yang mengguncang dunia yang telah memberikan dampak yang besar terhadap segala sisi kehidupan kita bersama, baik secara profesional maupun personal. Kita semua kini harus melakukan segala hal mulai dari belajar, bekerja serta beribadah dari rumah.
Dampak dari pandemi ini berakibat kepada mereka yang kurang beruntung dari segi ekonomi. Karena itu, Isuzu melalui kampanye #BersamaIsuzu mencoba mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi pada lingkungan dengan cara yang sederhana, yaitu mengunggah foto apapun dengan hashtag #bersamaisuzu di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Setiap 1 hashtag yang terunggah akan Isuzu kumpulkan dan dikonversikan sebagai bentuk rupiah senilai 1.000 rupiah.
Hingga 15 Mei 2020 telah terlihat antusiasme masyarakat Indonesia dan terdapat 5.121 hashtag yang telah terunggah. Sebagai bagian dari Good Corporate Governance, Isuzu Indonesia menyalurkan bantuan pada mereka yang berjuang dan berdampak pada virus Corona.
Hingga saat ini, Isuzu sudah menyalurkan ke beberapa pihak berupa bantuan sanitizer, desinfektan dan multivitamin ke Gugus tugas percepatan penangan Covid 19 Kabupaten Karawang, Puskesmas Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, Masyarakat Desa Mulyasari Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, dan Gugus Tugas Covid 19 Kota Bekasi.
Selain itu, Isuzu juga akan memberikan paket sembako sejumlah 650 paket yang dibagikan secara berkesinambungan kepada warga di Kabupaten Karawang disekitar Isuzu Karawang Plant. Tidak hanya Isuzu Astra Motor Indonesia selaku APM yang bergerak, namun seluruh dealer – dealer Isuzu di seluruh Indonesia juga melakukan aksi–aksi CSR serupa yang pada tujuannya sama yaitu membantu dan melawan persebaran virus Corona.
Diler Astra Isuzu di Palembang, Lampung, Surabaya, Medan, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Manado, dan Diler Karya Zirang di Semarang juga membagikan masker, hand sanitizer, multivitamin dan paket sembako kepada para supir dari customer Isuzu yang masih terus berjuang bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan logistik masyarakat.
Sampai saat ini total CSR Isuzu Indonesia seluruhnya telah mencapai lebih dari 100 juta rupiah, dan Isuzu berharap kontribusinya terus memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan yakin bisa melewati pandemi ini.
Selain membantu masyarakat dengan berbagai bantuan, Isuzu tentunya tetap memaksimalkan pelayanan untuk para customer Isuzu, dengan menjalankan himbauan pemerintah tentunya.
Area kerja Isuzu yang berada di area PSBB menerapkan 100% WFH, begitu pula dengan dealer – dealer dan bengkel. Akan tetapi Isuzu Indonesia memiliki ijin terbatas dari Kementerian Perhubungan untuk Bengkel Isuzu Berjalan sehingga pelayanan tetap tersedia apabila terdapat kebutuhan perbaikan dari customer kami terutama yang berhubungan dengan logistik.
Seperti yang bisa dilihat pada Instagram resmi @astraisuzuofficial beberapa Bengkel Isuzu Berjalan datang untuk memperbaiki kendaraan operasional POLRI atau ke salah satu CV di pasar Induk Cipinang yang biasa mendistribusikan pasokan beras.
“Isuzu tetap siap dalam melayani customer kami dalam 3S, yaitu Sales, Services, dan Sparepart sehingga customer tidak perlu khawatir untuk jika terjadi kerusakan ataupun ada kebutuhan untuk services karena kami mempunyai layanan BIB (Bengkel Berjalan Isuzu) yang dapat langsung datang ke tempat customer.” Ujar Bapak Attias Asril selaku General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.
Sebagai bentuk dukungan pada kampanye #dirumahaja, Isuzu mengerahkan 136 armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) di seluruh Indonesia untuk terus beroperasi dalam membantu pelanggan Isuzu dalam melakukan servis kendaraan ataupun jika memang ada kerusakan kendaraan dalam perjalanan. customer dapat langsung menghubungi layanan konsumen Isuzu ke nomor 0807 1700 700 atau bisa juga sms ke 0895 0 170 1700. Selain itu mekanik BIB juga dilengkapi oleh hand sanitizer dan wajib melakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum berangkat ke titik customer.
‘’Jika customer terpaksa untuk mengunjungi area bengkel kami, di bengkel Isuzu dilakukan pembersihan secara rutin dengan menggunakan disinfektan, kami juga menyediakan hand sanitizer, selain itu kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh Karyawan Isuzu baik di dealer maupun di bengkel dan seluruh customer yang datang ke bengkel sebelum memasuki area dealer atau bengkel.’’ Ujar Bapak Benny Dwyanto selaku General Manager Services PT Isuzu Astra Motor Indonesia.
Isuzu pastinya akan tetap memberikan layanan yang terbaik untuk customer dan juga Isuzu terus memastikan stock sparepart untuk customer, agar kebutuhan customer tetap terpenuhi walau dalam kondisi saat ini. Teruslah berjalan, bersama Isuzu.