DeepEnd sejak dulu sangat mengagumi kegiatan MOCI (M Owners Club Indonesia).
Konsisten dan kreatif melakukan banyak program. Entah itu “Performance Day”, “Grip and Drift”, “Goes to Ocean Sunset” sampai “kelas” barunya MOCI Motorsport. Tak ayal, MOCI layak menjadi acuan untuk berkomunitas.

Diantara itu, mari kita throwback ke 5 tahun lalu.

Muncul BMW M4 edisi khusus MOCI. Ini juga program one of a kind. Hanya dibuat 12 unit saja dengan warna khusus seperti Signal Green, Santorini Blue II, Grey Black, Brilliant White, Jubilee Silver, Purple Silk Metallic, Fire Orange, Salamanca Blue dan Speed Yellow, dengan pilihan warna jok Black, Sakhire Orange, Sonoma Beige dan Silverstone.

Personalisasi juga dilakukan pada dasbor, instrumen dan panel pintu. Kalau pengin memastikannya, di dasbor ada identitas “M Owners Club Indonesia – One of 12”.

Pada aslinya, velgnya sudah alloy 19 inci model 437 M double-spoke berwarna kombinasi hitam silver. Tapi…, oleh Mr. BMH diganti oleh BBS LMR 20 inci dengan lebar 8.5 da 9.5 inci. Offset yang dipakai 15 dan 28. Oleh sebab spek yang tepat, sama sekali tidak ditemui kesulitan dalam pengaplikasian.

Sebab konsep daily use menjadi patokan. Apalagi tuannya, Mr. BMH, hobi traveling. Dengan itu menggunakan ban yang sesuai dimensi dan fungsi. Secara dimensi 245/35 dan 275/30.

FYI, Michelin Pilot Sport 4S merupakan ban yang sangat laris, bahkan di pertengahan Mei 2020, sudah tak bisa dipesan melalui sale online. Ban Ultra-High Performance Sport ini dilahirkan dari ban Endurance Racing yang kampiun juga difungsikan di traksi basah dan kering. Kalau tidak ada error, PS 4S bisa menempuh jarak 30 ribu mil, atau setara dengan 6 tahun.

Dua komponen ini belum cukup gregetnya. Perlu sport spring H&R. Selain ceper tapi masih empuk dan enak dipakai harian. Grip and dance! Body roll bisa dikurangi. Perkiraan reduksi tinggi depan 3 cm dan reduksi belakang 3.3 cm.

Penuntasnya dipersembahkan oleh add on spoiler dengan material carbon dari M Performance. Garisnya tipis, sederhana dalam bentuk, namun cukup signifikan menambah porsi visual. Dari sudut pandang aerodinamika, pun mendukung. Carbon deck spoilernya coba ditengok. Itu buatan tangan. Dibuat hati-hati. Mampu mencegah korosi dan mengantisipasi perubahan warna yang disebabkan oleh sinar UV. Instalasinya juga mudah, berkat strip perekat dua sisi.

Di buritan, bahkan akhirnya disokong penuh ole GTHaus Meisterschaft. Sistemnya mencakup pipa SR 76 mm sebagai pipa penghubung untuk sistem poros-belakang dengan opsi cat-back penuh. Knalpot ini dirancang memaksimalkan aliran dengan mempercepat gas buang yang keluar, sehingga mengurangi tekanan balik dan menghasilkan output daya yang lebih tinggi dari motor twin-turbocharged. Knalpot yang terinspirasi oleh balapan sejati.


Workshop:
Wheels: Deep Wheels @deep_wheels
Exhaust, spring & tyres: Antelope Ban @antelope
Add on spoiler: Art Customwork @artcustomwork
Body coating: Cleanation @cleanation_detailing