Adhika Ashari masih 21 tahun.
Sebentar lagi September akan menginjak 22.
Tapi 5 tahun lalu, ia sempat zonk dengan Toyota Altis. Bubar berantakan, dan kini mengisi garasinya, sebagai patung.


Ia sempat down, dan kecewa berat.
Tapi Adhika memilih maju. Malas buka luka lama.

Pembuktiannya pada Toyota GT86 V8. Juara kemana-mana. Fenomenal.
Dan belum istirahat dari GT86 marunnya itu, Dhika sudah menyelesaikan Honda Integra DC5R 2002. “Penasaran belum pernah cobain main Honda,” ucapnya. Ia kesengsem dengan stempel Type R, tampilan racing dan fitment mepet fender tapi tetep masih enak dibuat jalan harian.


Sambil menunggu barang-barang accessnya datang, bodi dikirim ke Platinum Motorsport. Dari Semarang mendarat di Jakarta Timur. Warna asli abu-abu metalik, diubah ke merah solid.


Sedikit cerita, tentang almarhum bapaknya Dhika yang ingin sekali warna merah cerah. “GT86 V8 saya sudah telanjur berbalut carbon (yang ditimpa cat merah), maka saya memutuskan membangun satu project car dimana DC5R ini saya dedikasikan kepada almarhum Bapak saya,” ungkap mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini.

Catnya dari DeBeer yang diformulasikan khusus hanya untuk customer Platinum, dan dinamakan ‘signature fire red’. Boleh jadi, ini warna merah yang paling terang.


Sampai selesainya project DC5R, “Sayang sekali Bapak tidak bisa melihatnya, tapi saya yakin di atas sana, Bapak tahu kalau project DC5R ini dipersembahkan untuknya,” kata Dhika.


Untung interview dilakukan setelah pemotretan. Jadi tak punya perasaan bersalah berlebih.

Mengapa?
Sebab saat pemotretan, DeepEnd meminta DC5R ini dikebut di tarmac.
Sebisa, semampunya, sekencengnya.
Eh kok mau, ya sudah. Enggak terpikir kalau cat itu harus benar-benar dijaga kemulusannya. Sore itu langit nampak cerah di atas Graha Candi Golf Semarang, seolah malaikat mendukung permintaan DeepEnd.

Awalnya memang lihat-lihat dulu, itu suspensi mumpuni atau enggak. Ternyata bisa disetel. Nah, minim deh tumbukan ban ke spakbor. Toh bannya juga meaty, jadi aman enggak bakal velg kegores. Ban yang meaty dari Advan Neova ini meyakinkan banget. Tampak kokoh, dan masih enak bila dibuat harian. Buat aspal, malah dibantai di area berkerikil.

Dhika memang tertuju pada street race. Mengejar fitment mepet fender to tyre dengan spec velg dan ban yang agresif, menjadi tantangan tersendiri.

Velg CE28 berdiameter 17 inci dengan lebar rata 9 inci. Lebar tersebut membuat mobil semakin kekar. Namun velg depan punya offset 20 sedangkan velg belakang offsetnya 18 mm. CE28 ini aslinya bronze, kemudian dibikin highpolish di Godwheels Company di Jogja. Jari-jari CE28 masuk ke kontur DC5R, sebelumnya sudah pakai TE37 tapi ternyata TE37 enggak selamanya cocok, malah kurang greget.

Ban meatynya mengandalkan Advan Neova AD08R. Dhika memakai ban yang sama di GT86 V8. Kembangan bannya sangat khas. Juga punya sidewall yang tegas. Dengan karakter sporty, dan disumbang oleh mesin K20A, si merah ini punya tenaga yang cukup besar, maka butuh ban yang tepat buat bantu traksi.

DeepEnd melihat mobil ini dibangun dengan hati. Teliti dan seksama.
Saat masuk ke dalam kabin, sangat kerasa aura tersebut. Buka kap mesin bahkan sudah ditemukan wire tucked pada engine bay.

Body kit Type R pun terpasang tanpa cela. Knalpot Spoon, jok Spoon, spion Ganador, yang termasuk sulit dicari, ikut tampil mulus. Bahkan mata yang jeli akan melihat kalau karet-karet kacanya sudah berganti baru. Wide body dibikin natural, termasuk radiusnya, yang wajib tetap terlihat simetris dan bukan oval seperti telur.

Saat menaikinya, juga tak ada cela. Impresi berkendaranya jelas menyenangkan. Mana ada lagi DC5R yang maksimal di Semarang? 


Workshop:
Paint & body work: Platinum Motorsport @vinoplatz
Engine: Auto Center Semarang @autocentersemarang
Wheel retouch: Godwheels Company @godwheelscompany

Data Mods:
DeBeer paint Signature Fire Red, custom natural wide body, Ganador side mirror, Spoon winshield, Spoon full bucket seat, Spoon steering wheels, Spoon shift knob, Volk Rays wheels CE28 17×9 inches, Yokohama tyres Advan Neova AD08R 255/40ZR17, Spoon lugnut, Spoon brake 6 pot, ISC coilover, DC sport rear lower tie bars, K20A engine stock, Rywire harness K-Series, Spoon engine head cover, Hondata K-Series programmable ECU (K-Pro)

Lokasi Pemotretan:
Grha Candi Golf – Semarang
grhacandigolf.co.id