Pengusaha knalpot main stance? Boleh.
Juragan knalpot pasang air sus? Boleh.
Siapa boleh larang?! Enggak ada.

Header 4-1, burn tip tailpipe, downpipe, resonator dan lain sebagainya, lebih banyak memang memenuhi hasrat pemain pedal gas. Peningkatan performa mesin, siapa sih yang enggak mau coba?

Baskoro Saputra sebagai pemilik merek Alpino Exhaust, justru membuat sektor modifikasi mobilnya makin lengkap. Mesin ia oprek, sampai tentunya sistem pembuangan.

Biasanya pemain stance (minimal) hanya berkutat pada kaki-kaki dan bodi belaka.

Alpino yang digunakan serinya K01. Bukan hanya yang dilihat melalui foto, bukan cuma ujung muffler. Bukan itu tok. Tapi Baskoro pasangkan header secara fullset, diteruskan hingga bumper belakang. Materialnya stainless dengan ukuran pipa knalpot 2 inci. Hasilnya bertambah torsi, bahan bakar juga irit. Suaranya empuk, bassnya kerasa.

Jadi seru juga bukan?
Yang tadi itu bukan tantangan.
Sesungguhnya, sudah di luar kepala Baskoro. Challengenya ada pada undercarriage. Semua bagian kolong diutak-atik versi custom. Utamanya untuk memasukkan Work VSKF.

Diameternya hanya 17 inci. Ya, cuma segitu. Tapi…, lebarnya bikin takjub, 10 inci di depan dan 10.5 inci. Offsetnya semua minus yaitu -17 dan -10. Supaya mata kita diarahkan melihat langsung ke level celongnya. Apalagi hardware dibikin sembunyi. Cenderung orang kemudian salah menilai ihwal diameternya.

Velg selebar itu dipadukan dengan ban berukuran 205/40R17. Dipercayakan pada Accelera tipe Phi. “Ban yang lebih empuk dan tidak cepat penjol,” ucap Fandry dari Keywalk Custom yang memodifikasi mobil ini.

Kombinasi roda ini lantas menjadi dasar undercarriage. Coilbags plus Air Pride suspension 2 point menjadikan Baskoro bagian dari kaum rebahan. Camber juga dibuat minus 11 derajat. Roda akhirnya bisa bermain dan masuk ke dalam inner fender. Tapi ingat Fandry belum melakukan radius fender.

Setelah selesai, ternyata impresi berkendaranya sensasional. Tidak seperti apa yang dilihat. Masih nyaman, tidak tertatih-tatih.


Workshop:
Undercarriage, bodywork & interior: Keywalk Custom @keywalk.custom
Exhaust: Alpino Exhaust @alpinoexhaust

Data Mods:
Spies Hecker repaint custom lime, Civic ES RX custom spoiler, Alpino Exhaust full system exhaust, Honda Integra DC5 steering wheel, Recaro seat SR3 Lemans, wire tucked engine bay, Simota air intake system Innovative Aero Form, Amara retrim suede, Work wheels VSKF 17x(10+10.5) inches, Accelera tyres Phi 205/40R17, Air Pride suspension