Anda masih ingat akan recall komponen airbag besar-besaran di dunia beberapa tahun lalu karena Takata yang memiliki masalah pada inflator airbag mereka? Masalah airbag yang menjangkiti hampir seluruh mobil di dunia itu juga terjadi di Indonesia.
Salah satunya adalah Honda dan beberapa modelnya yang terjangkit sejak tahun 2006. Meskipun telah melakukan berbagai kampanye recall, tentu saja masih ada mobil Honda yang berkeliaran dengan masalah airbag.
Tentunya, masih banyak konsumen yang menginginkan perbaikan tersebut. Tetapi, tidak ada waktu ditambah Covid-19 yang membuat orang takut untuk pergi keluar meskipun layanan perbaikan tersebut tersedia.
Kampanye recall untuk Inflator Airbag ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan dimana airbag mungkin mengembang secara berlebih akibat tekanan gas yang berlebihan dalam komponen Inflator Airbag.
Karena itu, airbag yang bermasalah sehingga berpotensi mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan.
Mobil-mobil yang terdampak cukup banyak, diantaranya:
- Honda Civic 2001 – 2011
- Honda Stream 2002 – 2006
- Honda CR-V 2002 – 2012
- Honda Accord 2003 – 2013
- Honda City 2004 – 2013
- Honda Jazz 2004 – 2014
- Honda Odyssey 2004 – 2008
- Honda Freed 2009 – 2015
- Honda Brio 2013 – 2014
Informasi mengenai recall ini juga bisa dilihat pada https://www.honda-indonesia.com.
Tak hanya perbaikan airbag, tentunya servis lain juga demikian. Banyak yang ingin melakukan, tetapi tidak bisa ke bengkel.
Untuk itu, kini Honda melayani penjemputan mobil dengan layanan Home Service ataupun Pick-up Service. Selain itu, ada juga Booking online melalui aplikasi E-Care.
Melalui aplikasi E-Care, konsumen dapat mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan jadwal untuk melakukan penggantian komponen Inflator Airbag.
Sementara itu, bagi konsumen yang tidak ingin keluar rumah sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, maka tersedia layanan Pick-up Service dimana mobil konsumen akan dijemput oleh dealer untuk dilakukan penggantian komponen Inflator Airbag di diler. Ada juga layanan Home Service dimana teknisi Honda akan datang ke rumah konsumen untuk mengganti komponen Inflator Airbag.
Konsumen juga dapat menghubungi atau datang langsung ke diler resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya, atau menghubungi Honda Customer Care di 0-800-1446-632 dari hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.
Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager – PT. Honda Prospect Motor, mengatakan, “Kami terus berupaya agar seluruh unit mobil yang terdampak dapat dilakukan penggantian dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi Pelanggan kami untuk melakukan penggantian komponen, dan untuk penggantian komponen ini tanpa dipungut biaya apapun. Upaya yang kami lakukan untuk program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk kami berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas.”