Memasuki bulan September, awan penghujan sudah mulai hadir di langit Indonesia. Persiapan khusus pun perlu dilakukan dalam menghadapi musim hujan agar tidak celaka. Untuk itu, Auto2000 pun memberikan sedikit tips dalam menghadapi musim hujan.

1. Persiapan mobil

Mobil harus dalam kondisi prima di saat musim hujan. Pertama, cek bilah wiper pada mobil, pastikan kondisinya ideal. Untuk mobil yang memiliki wiper belakang, cek juga bilah wiper tersebut.

Selain wiper, pastikan juga cairan pembersih kaca terisi agar tidak sulit ketika menyeka kaca yang kotor. Perhatikan juga seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati serta kelistrikan secara keseluruhan dan aki.

Salah satu yang paling utama adalah ban. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil.

Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik melalui genangan air.

Tak kalah penting, pastikan rem juga bisa mengerem dengan baik karena akan sering dipakai. Lalu, cek ac agar kaca mobil tidak berembun saat hujan.

2. Persiapan diri

Mobil yang prima akan menjadi sia-sia tanpa pengemudi yang prima. Untuk itu, persiapkanlah diri anda sebagai pengemudi untuk menempuh perjalanan yang dipenuhi oleh hujan.

Selain itu, pastikan diri tetap nyaman dan was was selama hujan. Sediakan payung di dalam mobil dan siapkan sandal plastik agar saat keluar mobil misalnya di SPBU saat hujan, tidak perlu repot sepatu kebasahan.

Nah, itulah tips singkat dari Auto2000. Untuk para pengguna Toyota yang bingung akan poin 1, ada sedikit kabar baik nih. Karena konsumen Toyota bisa melakukan servis berkala dan pengecekan melalui aplikasi Auto2000 Digiroom.

Selain itu, ada juga promo bernama Promo PERKASA (Perbaikan Kopling, Aki, dan Shock Absorber) yang memberikan potongan harga jasa sebesar 30% dan diskon suku cadang sebesar 15% untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber. Promo ini berlaku hingga 30 September 2020.

Selain Promo PERKASA, ada juga Paket SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan hingga 30 September 2020. Paket SPONTAN berlaku khusus untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota free service atau odometer di atas 50.000 km sehingga tetap dapat memanfaatkan servis berkala dengan biaya spesial yang mudah dan ringan.

Untuk 20 pembeli pertama Paket SPONTAN, akan memperoleh die cast THS – Auto2000 Home Service secara gratis.

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily yang ingin memeriksa kondisi mobilnya jelang musim hujan dengan melakukan servis berkala. Tidak hanya itu, Auto2000 juga menyiapkan 2 program promo yakni PERKASA dan SPONTAN. Segera kunjungi website Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.