Sudah lama rasanya kita melihat Innova dan Fortuner generasi terkini berkeliaran di jalan. Sejak pertama kali dikeluarkan, tidak ada ubahan berarti pada mereka. Namun, pada 15 Oktober 2020, Toyota Astra Motor baru saja merilis Innova dan Fortuner facelift.

Perlu diingat bahwa kedua produk ini merupakan produk yang sangat legendaris dari Toyota, apalagi Kijang yang aslinya sudah beredar di Indonesia 43 tahun lalu, yaitu tahun 1977 dengan Kijang “Buaya”. Kijang pun terus berevolusi hingga menjadi Kijang Innova yang kita kenal saat ini.

Perbedaannya memang tidak terlalu banyak, maklum, ini hanyalah sebuah facelift, bukan generasi baru, tetapi cukup signifikan. Pertama, grillnya kini sedikit membulat dengan bentuk trapezoid dan bumper kini memiliki lis chrome. Bagi yang tidak suka chrome, pada tipe Venturer lis chrome tersebut diganti dengan warna piano black.

LED pun lebih menghiasi fasia depan mobil ini dengan fog lamp LED barunya.

Selain itu, terdapat velg dengan desain two tone baru untuk Innova, ukurannya 16 inci untuk Innova biasa dan 17 inci untuk Venturer. Pada Venturer juga, ada spoiler belakang berdesain baru untuk menekankan rasa sporti dari AUV (Asian Utility Vehicle) ini.

Untuk urusan kabin, kini konsumen bisa memilih 2 konfigurasi yang terbagi dalam 2 tipe, yaitu tipe non-luxury dan Luxury yang tersedia pada tipe G dan V. Perbedaanya? Pada tipe Luxury, baris kedua berupa captain seat.

Pada interiornya, perbedaannya tidak terlalu signifikan secara visual. Hanya saja, kini kabin dilebur oleh warna hitam dan memiliki aksen kayu berwarna gelap. Selain itu, pada tipe venturer, jok kulit hitamnya memiliki aksen jahitan merah.

Lalu, sistem AC dari Innova kini dilengkapi dengan air purifier untuk memaksimalkan kualitas udara di dalam mobil.

Head Unit dan infotainment Innova kini juga telah diperbaharui. Kini, HU nya menggunakan model 9 inci yang didukung dengan konektivitas smartphone. Selain itu, layar bagi penumpang belakang kini terletak di tengah, diatas center console.

Beralih dari Innova, mari kita bahas Fortuner yang juga mendapatkan facelift dimana varian TRD menjadi bintang utamanya.

Ubahan pada Fortuner lebih banyak daripada Innova. Pada bagian depan contohnya dimana kini tampilannya lebih gagah, kaku, dan tegas. Lampunya kini juga sudah diguyur oleh LED sampai ke fog lampnya.

Demikian juga bagian belakangnya, lampu LED dari Fortuner kini menggunakan model baru dan terdapat sensor untuk power backdoor di balik bumper belakang Fortuner ini.

Fortuner juga berdiri lebih gagah berkat velg 18 inci yang menggunakan model baru dan desain two tone.

SUV yang dinilai tangguh ini tentunya juga mengedepankan kenyamanan dan prestise bagi penggunanya. Tentu saja, kita bisa melihat bahwa Fortuner di Indonesia sebagai sebuah lambang kesuksesan.

Untuk itu, interior dari SUV ini mengalami sedikit perubahan seperti cluster model baru yang lebih modern dan layar HU 9 inci seperti pada Innova. Hanya saja, Fortuner dilengkapi dengan Surround View Camera atau sering dikenal dengan kamera 360.

Mengikuti tren penggunaan smartphone yang tinggi, Toyota menyematkan sebuah wireless charging di mobil ini agar tidak perlu repot repot mencolokkan smartphone ke outlet power.

Detail kecil seperti kaca spion juga menjadi perhatian Toyota. Spion Fortuner kini telah dilengkapi dengan chromic rearview mirror yang mengurangi pantulan cahaya secara otomatis.

Untuk keselamatan, kini ditambahkan blind spot detection, moving object detection, dan lane departure warning untuk mengurangi resiko tabrakan.

Tentunya, dalam beberapa bulan, kedua mobil ini akan berkeliaran dimana-mana. Bagi anda yang ingin terlihat berbeda, Toyota sudah menyiapkan pilihan aksesoris resmi dengan garansi 3 tahun yang bisa dipilih saat membeli kedua mobil ini.

Tentunya juga, sebelum melakukan pembelian mobil, konsumen selalu memikirkan akan after sales atau layanan purna jual. Untuk itu, Toyota tentunya sudah siap dengan outletnya dimana-mana.

Selain itu, Toyota juga sudah menyiapkan program bagi pembeli Innova dan Fortuner terbaru ini dengan gratis service dan parts untuk 4 tahun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, program Kinto dan Toyota Deal Cermat tentunya juga ada di mobil ini agar tidak merepotkan konsumen dalam menikmati mobil tersebut.

Untuk harganya, Innova kini dimulai dari harga Rp 337.600.000 untuk tipe G bensin manual dan Fortuner dimulai dari harga Rp 504.900.000 untuk tipe G manual diesel.