Kita seringkali mendengar konsep Pop Up Store, kurang lebih toko yang buka di suatu tempat secara mendadak untuk beberapa hari. Dengan konsep ini, diharapkan dapat menggaet lebih banyak konsumen yang belum pernah diraih sebelumya.
Itulah trik yang digunakan Toyota untuk memasarkan produk mereka pada masa pandemi ini karen Toyota menilai bahwa kebanyakan pelanggan mempunyai preferensi dalam mencari informasi via digital seperti online media, situs resmi, channel Youtube, maupun berbagai akun sosial media.
Di sisi lain, pelanggan juga masih membutuhkan experience secara langsung yang tentunya nyaman, aman, dan mudah.
Untuk itu, informasi saja tidak cukup, tetapi juga diperlukan experience atau pengalaman konsumen. Karena itulah Pop Up Store dipilih sebagai “customer touch point”.
Melalui Pop-up Store ini Toyota berharap dapat dengan mudah memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk tahu lebih lanjut mengenai Toyota di tempat yang mudah dijangkau seperti di mall dan tidak mengharuskan pengunjung untuk membeli di tempat karena tujuannya adalah melengkapi omnichannel.
“Menghadapi situasi seperti saat ini, Toyota tidak hanya mengakselerasi berbagai aktivitas digital., tapi juga memperkuat aktivitas offline sehingga pelanggan bisa memilih salah satu atau bahkan keduanya untuk mendukung purchase journey mereka dari awal hingga akhir. Toyota Pop-up Store kami hadirkan untuk memudahkan pelanggan mengakses informasi tentang Toyota di berbagai kesempatan,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.
Toyota Pop Up Store sendiri akan diselenggarakan selama 4 bulan dari awal November 2020 hingga Maret 2021, berlokasi di Mall Kelapa Gading (MKG) 2 Jakarta Utara. Pelanggan pun akan mendapatkan pengalaman baru dan aman dalam bertransaksi maupun mendapatkan akses terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota.
Pop Up Store toyota ini sendiri bukanlah Pop Store sembarangan, bahkan terbilang cukup serius dengan area 250 m persegi yang terdiri dari outdoor dan indoor lounge. Area ini sendiri memiliki fasilitas Car Display, Digital Corner Area, F&B Area, Lounge, Outdoor Area, maupun Official Merchandise.
Selain itu, toko ini juga dilengkapi dengan fasilitas digital seperti Digital Catalogue, Smart Table Overlay, Basketball Race Car, Digital Drawing Souvenir, Interactive Floor, Interactive Wall.
Pengunjung juga tidak perlu takut untuk datang karena adanya protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, pembatasan jumlah pengunjung (baik di indoor maupun outdoor), penerapan jaga jarak per pengunjung sejauh 1,8 meter, kewajiban pemakaian masker bagi seluruh frontliner Toyota dan pengunjung, pembersihan dengan cairan disinfektan secara berkala, penyediaan sarung tangan latex bagi pengunjung, serta menyediakan hand sanitizer di mana setiap orang diharapkan membersihkan tangannya sebelum dan sesudah menggunakan fasilitas di sini.
Pop Up Store ini mengusung tema “Inspirience Zone” yang berasal dari kata Inspiring, Experience, dan Zone.
Toyota Pop-up Store ini diharapkan dapat menjadi zona baru bagi pelanggan Toyota dalam menemani customer purchase journey mereka, serta menjanjikan pengalaman terbaik dan memberikan inspirasi bagi pelanggan.