M5 itu juga varian legenda dari sub brand M.
Pemilik mobil ini mencoba bermain Euro, disamping mengoleksi Evo 9. Mr. RWS, sang pemilik, tak suka mobil sport. Sebab terlalu mencolok. Ia lebih cinta mobil dengan tampang sedan biasa namun memiliki power berlebih.

Untuk itu, DeepEnd butuh menempuh jarak 882 km dari Bogor menuju JMG Variasi di jalan Letjend S. Parman No.113-115, Kota Malang. Jawa Barat Ke Jawa Timur, demi M5 putih yang jarang muncul, tapi suka diam-diam masuk tol.
Mr. RWS mengerti betul memanjakan M5 sekaligus memuaskan diri. Sekilas sangat mudah melihat level of taste dari warga Singosari, Malang, ini.

Darimana? Diawali dari velg.

BBS Motorsport merilis jari-jari klasik dengan Y-design, mengawali penciptaan BBS FI-R ultralight yang dilanjutkan oleh RI-D atau biasa disebut BBS Dura. Roda ini bahkan lebih ringan dari FI tanpa kehilangan integritas struktural. Sebagai pelengkap data, Dura yang dipakai M5 ini berbobot 8.1 dan 8.6 kg.

Sepintas, motifnya BBS FI-D ini biasa saja. Tapi untuk kalangan yang paham, bukan sekadar model yang menentukan, tetapi juga teknologi pembuatannya. Diperkenalkan BBS pada 2011 sebagai roda duralumin ekstra-super pertama di dunia. Duralumin adalah paduan aluminium yang sangat kuat dan tahan lama, dan duralumin ekstra-super bahkan lebih, menemukan penggunaan sebagai bahan ruang angkasa.

Yang di kemudian hari, 2017, Volk Racing ikut merilis Dura dengan desain enam palang khas Rays, dan bergabung dengan keluarga TE37. Dan dengan tegas, mengecap Dura di palangnya, sementara BBS hanya melabelkanya di center hub (dop).

BBS FI-D berukuran 20x(9+10) inci ini dibalut ban Pirelli P Zero 275/30ZR20 dan 285/30ZR20. “Pemilihan P Zero dikarenakan ban ini konon katanya memiliki grip yang paling baik untuk mobil Eropa,” ucap kelahiran 9 Februari ini.

Setelah roda, yang berikutnya adalah body kit.

Pernah lihat?
Nampaknya DeepEnder belum kenal dengan Agency Power.

Agency Power temanya kebanyakan speed and performance. Pertama memulai dengan membuat sway bar end links Subaru WRX di tahun 2003. Kini sudah lebih dari 300 nomor suku cadang untuk mobil mulai dari Subaru STI, Mitsubishi EVO, BMW M3, Porsche 996, dan lainnya. Berbasis di Gilbert, Arizona, Agency Power sekarang mengklaim dirinya sebagai tuner.

Mr. RWS membekali besutannya dengan Agency Power pada hood, mirror, duck tail, lips, dan diffuser. “Cukup lengkap, dan kesemuanya memakai material carbon,” ucap Wega Suryanaga dari JMG Malang yang menyelesaikan semua instalasi bodi, knalpot dan kaki-kakinya. Tenunan serat karbon Agency Power mempunyai motif 2×2 yang memiliki lapisan bening mengkilap dengan perlindungan UV.

Sedikit dibahas, khususnya pada hood, memiliki kap berbasis FRP dengan sentuhan serat karbon dengan penutup berventilasi terintegrasi yang sanggup mengekstraksi panas sekaligus memberikan gaya baru pada M5. Tonjolannya terkesan lebih agresif daripada sebelumnya. Apalagi Agency Power mengklaim, ventilasi tersebut memberikan fungsionalitas pada turbo kembar di mesin V8.

Tapi diantara semua yang istimewa itu, DeepEnder boleh jadi paling suka modifikasi mesinnya. Dari 560 hp, kini sudah mencetal 820 hp. Maik1465. Dengan goal street racing, M5 ini dibangun agar bisa sekencang mungkin. Karena Mr. RWS adalah orang yang suka ngerun di highway.

Mesin sudah diremap oleh Eurocharged Performance, Houston, Texas. Remap yang dilakukan sampai di stage 2, dibantu oleh Henry Fonda dari UFO Garage di Jakarta. “Kita pakai dan beli file dari Jerry Eurocharged. Mereka lebih tahu limit dan kapasitas dari mesinnya,” kata Henry.

Knalpot awalnya menggunakan custom straight pipe dari Meistershaft. Namun seiring berjalannya, owner M5 ini mengeluhkan suaranya. Di kupingnya, ternyata tak cocok, cukup berisik. Kini, lebih nyaman dengan race exhaust dari Eisenmann, tanpa kehilangan performanya.

Workshop:
Wheels, body set & all installation: JMG Malang @jmg_variasi_malang
Body detailing: Safehouse @safehousemlg
Remap & engine tuning: UFO Garage @v12biturbo

Data Mods:
Euro Charged remap Stage 2, Gruppe M carbon intake, AMS downpipe, Burger Motorsport intercooler, Burger Motorsport charge pipe, Eisenmann race exhaust, Agency Power carbon hood, Agency Power carbon mirror, Agency Power carbon duck tail, Agency Power carbon lips, Agency Power carbon diffuser, BBS wheel FI-D 20x(9+10) inches, Pirelli tyres P Zero 275/30ZR20 & 285/30ZR20, H&R Springs