Nama Eclipse Cross mungkin sudah sering terdengar di telinga Indonesia. Namun di Jepang, Eclipse Cross sudah muncul generasi terbarunya dan memiliki beberapa peningkatan di beberapa sektor.

Selain tampilan yang berbeda, Eclipse Cross di Jepang tersedia dalam 2 varian penggerak, yaitu hybrid dan bensin konvensional. Mobil ini sendiri sudah bisa di pre-order di Jepang sejak pertengahan Oktober lalu.

Eclipse Cross pun berhasil menarik perhatian konsumen Jepang dengan melampaui target pemesanan. Total dalam 6 minggu, tercatat 2.000 unit terjual alias 2 kali lipat dari target.

Hal tersebut tercapai berkat beberapa faktor dari Eclipse Cross, pertama adalah desainnya yang berbentuk ala coupe dan konsep desain “Daring Grace”.

Tentunya, tampilan tangguh Dynamic Shield khas Mitsubishi tetap dipertahankan dengan tampilan yang tajam dan sporti. Skid plate di bagian bawah kedua bumper juga menambah kesan SUV yang bertenaga.

Lampu belakang tiga dimensi ECLIPSE CROSS yang ikonik ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi untuk tampilan khas yang juga mudah dilihat di jalan.

Panel bodi dan bumper memberikan tampilan ketegasan dan kekuatan, sementara dikombinasikan dengan desain segi enam yang mengingatkan pada ban serep yang dipasang di belakang untuk mengekspresikan ketangguhan dan handling di jalan raya dari sebuah SUV.

Urusan interior, trim level atas diberi interior hitam baru dengan jok yang terbuat dari kombinasi bahan berbasis suede timbul dan kulit sintetis, sedangkan pilihan jok kulit dari pabrikan kini tersedia dalam warna abu-abu terang di samping warna hitam konvensional.

Trim pintu juga serasi dengan warna jok mobil untuk menghasilkan ruang interior yang sporty dan berkualitas tinggi.

 

Interior ini juga dibekali dengan Mitsubishi Power Sound System dengan 8 speaker dan headunit 8 inci yang sudah lengkap dengan navigasi dan konektivitas Apple Car Play dan Android Auto.

Untuk warna, terdapat seri warna berlian luminositas tinggi menawarkan dua pilihan warna untuk warna bodi – Red Diamond dan White Diamond baru.

Yang terakhir adalah warna yang memancarkan kilau putih mutiara dan nuansa logam yang halus, yang mencerminkan keanggunan dewasa yang energik namun glamor.

Yang menarik dari Eclipse Cross ini adalah varian hybrid PHEV nya yang ditenagai oleh mesin 2.400cc MIVEC dan Baterai penggerak 13,8 kWh dengan jangkauan serba listrik 57,3 km (Mode WLTC).

Terdapat tiga mode penggerak yaitu Mode EV menggerakkan dengan motor listrik menggunakan tenaga dari baterai penggerak, Mode Hybrid Seri menggunakan mesin bensin untuk menghasilkan tenaga untuk motor listrik yang menggerakkan kendaraan, dan Mode Hybrid Paralel menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan kendaraan dengan bantuan motor listrik.

Selain menjadi mobil yang ramah lingkungan, sistem hybrid milik Eclipse Cross bisa menjadi sumber daya listrik darurat seperti pada Outlander PHEV. Stopkontak on-board AC 100 volt dengan daya maksimum 1.500 watt dapat memasok daya ke elektronik dan peralatan.

Kendaraan ini juga dapat berfungsi sebagai baterai isi ulang yang memberi daya pada seluruh rumah tangga dengan energi yang tersimpan dengan menghubungkan perangkat V2H6 ke port pengisian daya cepat.

Karena kendaraan dapat menghasilkan tenaganya sendiri, kendaraan dapat memasok daya hingga 10 hari ke rumah tangga umum saat terisi penuh dan diisi bahan bakar.

Sebagai SUV, tentu diperlukan sistem penggerak 4 roda yang mumpuni. Untuk itu, disematkan sistem andalan Mitsubishi, yaitu Super-All Wheel Control (S-AWC) pada twin-motor 4WD yang dapat dengan bebas mendistribusikan tenaga penggerak ke motor listrik depan dan belakang tanpa kehilangan transmisi.

Untuk pengendalian, distribusi bobot depan-belakang diseimbangkan dan penurunan pusat gravitasi dengan menempatkan baterai penggerak berkapasitas tinggi di bawah bagian tengah lantai. Ini memberikannya pengendaraan yang lebih nyaman, dengan stabilitas yang superior.

Model Eclipse Cross PHEV diluncurkan dengan tiga level trim; tipe M datang standar dilengkapi dengan fitur keselamatan pencegahan, tipe G memiliki fitur tambahan termasuk stopkontak 100 volt (maks 1.500 watt) dan Head Up Display, dan tipe High-end P memiliki tampilan sendiri sementara standar datang dilengkapi dengan konektivitas smartphone dan fitur khusus lainnya.

Model bensin memiliki tiga level trim; tipe M hadir standar yang dilengkapi dengan fitur keselamatan pencegahan,tipe G memiliki fitur tambahan termasuk Head Up Display dan sistem radar cruise control ACC, dan Tipe Paket G Plus kelas atas dilengkapi standar yang dilengkapi dengan konektivitas smartphone dan fitur khusus lainnya.

Model ECLIPSE CROSS PHEV dibanderol mulai dari 3.848.900 yen hingga 4.477.000 yen (termasuk pajak konsumsi 10%), model bensin dari 2.531.100 yen hingga 3.346.200 yen (termasuk pajak konsumsi 10%).