Honda Civic Type R ini unitnya langka.
Sepanjang pengetahuan DeepEnd selama kurun waktu 2 dekade ini, tak lebih dari 5 unit yang bisa ditemukan langsung.

Bila sudah langka, namun kondisinya utuh, dan dimodifikasi dengan sangat proporsional, maka tak lebih dan tak kurang, jakunmu akan segera longsor. Jangan salahkan Kevin Lee. Sebab ia memang berguna di dunia ini sebagai kompor JDM kelas wahid di bumi Indonesia.

Basisnya EP3.
Putih istimewa. Saat ditemukan, kondisinya masih orikintil jadi tidak ada restorasi.
Parts modifikasinya 90% menggunakan produk Mugen, tuner dari Honda.

Memang ada Ohlins tapi lebih karena spesifikasi dan fungsi yang diutamakan. Sebab Ohlins DFV yang dipilih merupakan teknologi Dual Flow Valve.

Dengan DFV, katup aliran ganda memberikan karakteristik kompresi yang sama pada rebound. Disebabkan oleh fluida peredam yang memiliki jalur aliran yang konsisten di kedua arah. Roda dan ban dapat cepat dan efektif kembali ke posisinya yang penting kembali ke tanah. Kemampuan ini akan memberikan cengkeraman dan traksi.

Tapi DeepEnd duga, Civic ini belum dipakai ke jalanan hardcore. Palingan lewat jalan tol, menuju meet up spot. Pada permukaan jalan seperti itu, impresi suspensinya kenyal dan lebih mirip dengan penyangga OEM daripada pengaturan coilover. Di luar itu, yang Kevin belum sempat coba, adalah menghadapi permukaan berlubang atau penuh gundukan, yang tetap stabil dan terkendali.

Nyaman dapat, lincahnya trengginas.
Hanya dalam satu paket.
Selebihnya, kita akan menikmati tampang hothatch JDM.
“Aura JDM-nya sangat kuat,” ujar kelahiran 20 Desember ini. Kevin sejak 2007 hingga 2020 selalu menganut gaya JDM versi street racing. Enggak pernah berhenti berburu velg-velg, dan body kit pabrikan ataupun tunernya. Simple clean dan kencang.

Faktanya pada si putih ini, ada Volk Racing CE-28 gold yang cukup langka. Dimensinya 17×8.5 inci dengan offset 35 mm. Modelnya yang jari-jari memberi kesan racing sporty, offsetnya yang agresif membuat agak celong sedikit dan meaty lewat ban Yokohama Advan Neova 235/45/17. Ban ini sudah terkenal di kalangan JDM Racing karena tapaknya yang bagus dan performanya yang mumpuni.

Lantas tersemat body kit ori Japan. Lengkap dengan roof spoiler Mugen yang juga sulit ditemukan. Modelnya aerodinamis dan keren.

Sedangkan pada sektor mesin menggunakan intake manifold dari Civic Type R FD2R dengan kode RRC yang mempunyai volume udara lebih besar daripada bawaan standarnya. Filter udara memakai Mugen Sports. Throttle body ikut diganti dengan Skunk 2 Racing.

Kemudian header dan exhaust fullset diganti dengan Mugen Sports. Semua itu kemudian disetel via ECU dari Hondata KPro V3 yang benar-benar mempermudah tuning. Kevin memperlihatkan hasil tenaga mobilnya diperoleh sekitar 250 bhp meningkat dari factory claim yang cuma 220 bhp.


Workshop:
Engine, undercarriage, bodywork & interior: Asco Motorsport @ascomotorsport
Car detailing: Finegloss @finegloss.id

Data Mods:
Honda Civic Type R EP3 2005 facelift, K20A TypeR engine w/ manual 6 speed, Hondata ECU Kpro, Mugen Sports box air filter, Skunk2 throtle body, Mugen Sports strut bar, Mugen Sports exhaust, Mugen Sports muffler, Mugen Sports body kit, Mugen Sports front spoiler, Mugen Sports wing spoiler, Mugen Sports front grille, Brembo brakes 6 pot, Ohlin coilover DFV, Volk Racing wheels CE-28 17×8 inches, Yokohama tyres Advan Neova 235/45R17, Mugen Sports shift knob, Mugen Sports pedal, Honda Access red carpet, Pioneer head unit 2Din