Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit bagi berbagai bidang ekonomi maupun industri. Karena ekonomi yang cenderung melambat, berbagai sektor pun terdampak, tak terkecuali sektor otomotif dimana tercatat terjadi penurunan sekitar 50%.
Tetapi, Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Sales terbukti berhasil bertahan dengan cukup baik pada periode Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9% dan retail sales 70,4% jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019.
Dari angka tersebut pun, kendaraan buatan dalam negeri masih mendominasi dengan kontribusi lebih dari 90% terhadap penjualan nasional Suzuki.
“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment. Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.
Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun 2020 lalu adalah New Carry Pick Up yang berkontribusi sebesar 57,6% sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional Suzuki.
Selain itu, Suzuki XL7 juga menjadi kontributor terbesar dalam sektor kendaraan penumpang dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales.
XL7 sendiri sudah menjadi salah satu tulang punggung penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales.
Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.
“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air. Tidak hanya itu, kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan,” tutup Donny.