Jika bicara tentang mobil dengan penjualan terbaik di Indonesia, biasanya tidak jauh-jauh dari mobil MPV. Apalagi jika MPV tersebut memiliki penggerak roda belakang.

Tapi, Honda berhasil membuktikan bahwa untuk menjadi mobil dengan penjualan terbanyak, tidak perlu menggunakan resep tersebut. Karena, Honda berhasil menoreh pencapaian tersebut dengan sebuah hatchback kecil berpenggerak roda depan, yaitu Honda Brio.

Total, Honda menjual sebanyak 43.021 unit Brio dengan rincian 31.713 Honda Brio Satya dan 11.308 Honda Brio RS atau 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda.

Brio Satya pun menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car.

Dalam waktu 8 tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit.

“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau. Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.

“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama. Namun terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” papar Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

Honda Brio juga mendapatkan total 36 penghargaan dari media-media di Indonesia untuk berbagai kategori, diantaranya kategori mobil terbaik, konsumsi bahan bakar terbaik, mobil pilihan konsumen, hingga kategori biaya operasional terbaik di kelasnya.