Sudah baca artikel Z3?
Nah ini kelanjutannya.
Sebab ini adalah mobil Eropa kedua yang dibeli papanya Alvin Tjandra.
Audi TT perdana tampil di Mission Impossible II. Audi TT silver versi roadster yang dikemudikan aktris Inggris, Thandie Newton (Nyah), yang dikejar-kejar oleh Porsche 911 hitam yang dibesut Tom Cruise (Ethan Hunt).

Tapi sampai ke Cirebon, nasibnya ya sama. Jika pergi servis rutin, mesti pergi ke Indomobil Tower di MT Haryono, Jakarta. Atau mampir ke bilangan Soekarno Hatta di Bandung. Tinggal pilih dua tujuan ini. Musababnya mudah ditebak, enggak ada dealer Audi di Cirebon.

Maka, nasibnya pun bisa ditebak. Ngejogrok di garasi. Lumayan lama bertapa di sana, 7 tahun. Oleh sebab timeless model, maka dipertahankan.

Dari sinilah 3 tahun lalu, Alvin bergerak bersama Dicky, sang asisten kepercayaannya. Memodifikasi tanpa harus merusak bodi. Namun sebelum semua berjalan, “Lumayan banyak yang mesti dirapiin. Sebab memang sama sekali enggak dibawa keluar garasi,” ujar Dicky, pria tinggi besar berkacamata ini.

Mereka berdua khatam saja modifikasinya sebab sambil jalan dan iseng di bengkel Earth Autoconcept. Konsepnya pengin nunjukin kontur bodinya Audi TT yang bulat dan beke. Sehingga kuncinya ada pada velg yang selaras dengan kontur tersebut.

Work Carving Head 40 memang unik. Modelnya oldskool. Dibikin krom. Face between lips and barrels, dan 3-piece. Sangat mexicano sebenarnya. Gangster status!

Walaupun secara detail, bilah-bilah itu bertekuk seperti puntiran, tapi dari jauh kesederhanaan muncul. Sebab aksennya seolah nampak tak terlalu banyak. Maka dari semua sisi itu, kesannya sama dan sebangun yaitu bulat.

Yang paling asyik menikmatinya secara visual memang saat air out. Apalagi ini kaki-kakinya dibuat camber, sebagai pengikut aliran stance. Suspensi diserahkan pada performa Airgen dengan sistem 2 channel dan disupport kompresor ViAir.

Kerjaan paling sulit terjadi saat camberin roda belakang. Dinding frame belakang dipotong dan dicoak, biar bisa lebih masuk. Kemudian dudukan shockbreaker digeser masuk ke dalam. Sejatinya, camber depan-belakang itu susah untuk rata. Maka depannya dibuat custom camber kit. Berikut camber top juga. Info penting, frame shock depan aslinya kecil tapi kemudian dibobok.


Workshop:
Earth Autoconcept @earth_autoconcept

Data Mods:
Airgen air suspension 2-channel, Work wheels Carving Head 40 18x(10+11) inches, Accelera tyres Phi 215/40R18 & 225/40R18, custom front camber top, custom rear camber arm, custom trunk set up