Social media did magic!
Dari situlah semuanya berawal. Ketik keyword, lantas scroll/swipe down, klik, tanya dan tawar. Gunakan semua kekuatan lobi agar sang buruan bisa digaet. Lebih bagus jika harganya sesuai ekspektasi.

Setelah pemilik sebelumnya ngepost fotonya, Kevin Lee langsung sigap melakukan tiki taka lewat private message. Ternyata sang sumber berkediaman di Jogja. Kemudian esok paginya, “Saya minta untuk dibawa ke bengkel sahabat saya yang di Jogja untuk general check Integra Type R-nya, dan hari itu juga saya bayar lunas,” ucap kelahiran 20 Desember.

Tentu itu bukan konformitas, sebuah pengaruh sosial agar sesuai dengan norma sosial yang ada. Not pansos at all. Kevin memang freak pada JDM. Itu saja. Sejak 2 windu lalu. Segala yang sifatnya limited di scene JDM, plus cocok ruang dan waktu, disikat olehnya.

Integra Type R ini merupakan versi JDM juga. Last model facelift dari Honda Integra DC5 yang populasinya diyakini di bawah 10 unit di Indonesia. Dalam hal ini, DeepEnd sudah meliputnya 2 kali dalam tempo setahun terakhir. Merah di Semarang, dan kali ini hitam di Jakarta.

Spesifik JDM yang Kevin anut adalah JDM street racing. Menggunakan velg original Matahari Terbit, sedikit ceper yang proporsional, body kit rasa pabrikan/tuner Jepun. Integra ini lantas dibangun ulang secara detail keseluruhan. “Memakan waktu selama 2 tahun,” kata pemilik Finegloss, yang fokus pada layanan car detailing.

Waktu selama itu, dibutuhkan untuk rebuild mesin dengan blueprint. Meliputi penggantian internal mesin, camshaft, piston, setang piston, porting polish, penggantian intake, throttle body, hingga manajemen kinerja mesinnya

Wew, kelas berat!
Di luar mesin, malah Kevin habis-habisan pada kompatemen kabin, interior, kaki-kaki, sampai pengecatan ulang secara total.
Kelihatannya simpel ya. Ah, cuma ganti velg sama Recaro doang, kata netizen julid. Padahal aslinya, ya itu tadi, butuh 2 tahun.

Kalau saja tak bisa dibuka kap mesinnya, mana akan akan engine upgrade dan wiretuck. Dari data Mainline Dynolog di Tiga Dara Solo, tercatat angkanya di 218.5 whp, naik dari standarnya 175 whp
Kalau saja tak membaca artikel ini, netizen tak tahu bodinya sudah dilabur super deep black, mengganti warna night hawk black bawaan Honda.

Kalau saja tak didetailkan, netizen tak tahun mobil ini memakai ban lokal yang sudah dipasarkan di 98 negara, Accelera. Kevin memasang Acelera 651, ban semi slick yang berukuran 225/45R17.

Lagi-lagi, mungkin sana netizen enggak ngeh, kalau Kevin melakukan overhaul pada rem Brembonya. Diganti seluruh seal kitnya. Dibikin cross disc brake. Dipasangi brake pad baru dari Endless.

Sebab itu tadi, yang mudah kelihatan hanyalah Advan RG2 yang kental kesan street racing dengan nuansa gold. Tapi pada velg, Kevin informatif sekali. “Ruang spakbor DC5 agak kecil, punya lebar velg originalnya 7 inci dan offset 55, maka saya pasang velg yang offsetnya 45 dan lebar 8 karena saya enggak mau terlalu camber-camber. Ingin velg bisa terpasang dengan tepat tapi agak meaty,” ungkap Kevin yang menggunakan coilover Yellow Speed Racing.

Perburuan berlanjut hingga Malaysia dan Jepang. Untuk dapatkan jok, karpet, door trim original Integra Type R DC5 yang edisi bewarna merah. Hitam asli, digusur oleh warna menantang.
Pokoknya, prinsip Kevin: do good with intention, not for attention.


Workshop:
Engine: Shift Engineering @shift_engineering.official
Spare parts & accessories: Asco Motorsport @ascomotorsport
Car detailing: Finegloss @finegloss.id

Data Mods:
K20A engine Type R + fully fresh overhaul, Shift Engineering porting & polish, Shift Engineering engine wiretuck, Toda N1 camshaft, Toda header, Toda exhaust, RRC FD2R piston, RRC FD2R conrod, Skunk2 Racing ultra intake manifold, Skunk2 racing throtle body, Shift Engineering fuel rail, Shift Engineering intake pipe, ARC radiator, Mugen radiator cap, Mugen oil cap, K&N open filter, AEM fuel pump, Haltech plug in ECU, Sard breather tank, Billions power steering tank, Osias oil catch tank, Competition clutch stage 2, Fresh transmision overhaul, LSD Type R, Spoon final gear 5.1, Syncro tech set, Password: JDM carbon coil cover, Speedfactory titanium bolt, NRG engine hood damper, Shift Engineering custom battery case, Endless brake pad, Yellow Speed Racing coilover, Yellow Speed Racing pillow mount, Cusco sway bar, Advan wheel RG2 17×8 inches, Accelera tyres 651 Sports 225/45R17, Rays lug nut, JDM DC5 Honda Access red floor mat, JDM DC5 red carpet, JDM DC5 toneau cover, Type R decal, Type R emblem, Spoon side mirror, Recaro seat SR4, Momo steering Tuner, Mugen shift knob, Mugen bos kit, Honda NSX horn button, Okuyama dash carbing foot rest, Sony head unit AX1000, Alpine speaker