Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kembali mengadakan media gathering tahunan pada awal April 2021 ini.

Dengan kata sambutan dari Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura, acara ini mengilas balik aktivitas dan pencapaian MMKSI selama tahun 2020.

Pertama selama tahun 2020, terjadi penurunan secara global dan domestik yang menyebabkan angka penjualan sempat drop 45% dibandingkan tahun 2019 pada awal semester awal. Hal ini pun berdampak pada penjualan yang menurun sebesar 54% secara total.

Tetapi, lini kendaraan Mitsubishi masih bersaing dengan sangat baik sepanjang tahun 2020, terutama Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross dengan market share sebesar 24% di segmen Low MPV.

Xpander Cross yang berusia muda pun total sudah beredar sebanyak lebih dari 17.000 unit.

Lalu, medium SUV Mitsubishi yang sangat diandalkan juga mendapatkan pangsa pasar yang cukup gemuk, yaitu sebesar 36% di segmen medium SUV 2.500cc.


Sementara itu, crossover 2 baris, Mitsubishi Eclipse Cross meraih pangsa pasar 11%. Lalu, Outlander PHEV terjual sebanyak 27 unit.

Lalu di sektor mobil pick up, Mitsubishi Triton 4×4 mendapat pangsa pasar diatas 50%, yaitu 54%, hal ini pun didukung karena penjualan fleet yang terhitung besar.

Sementara itu, pikap 4×2, L300, berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan pangsa pasar 61%.

Selama tahun 2020 pun, MMKSI pernah beberapa kali menghadirkan mobil dan varian barui. Pertama, diluncurkannya varian terbatas dari Xpander dan Xpander Cross, yaitu Xpander Black Edition dan Xpander Cross Black Edition yang saking banyak peminatnya, sampai dirilis ulang.

MMKSI juga meluncurkan kembali edisi spesial terbatas Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition yang pernah diperkenalkan sebelumnya karena antusiasme yang tinggi.

Selama tahun 2020 juga, MMKSI telah memperluas sayapnya dengan membuka 6 outlet dealer terbaru yang membuat total dealer MMKSI di Indonesia mencapai 157 dealer.

14 penghargaan juga telah diberikan kepada MMKSI dengan 11 penghargaan yang terdiri dari model terbaik di kelasnya, inovasi produk, produk dengan biaya kepemilikan dan nilai jual terbaik serta konsumsi bahan bakar terbaik.

Dari sisi perusahaan dan layanan MMKSI menerima 3 penghargaan untuk The Best Field Acivation, Apresiasi dari Pendidikan Kejuruan, dan PR of The Year.

MMKSI juga tidak melupakan akan tanggung jawab sosialnya. Selama tahun 2020, MMKSI melakukan berbagai CSR, antara lain:

Mitsubishi CSR Children Program

Pada tahun 2020 Mitsubishi Motors menyelenggarakan aktivitas edukasi anak usia dini dengan dunia otomotif di Kidzania Jakarta, dan mendonasikan fasilitas pembelajaran jarak jauh untuk beberapa panti asuhan dan yayasan di Jabodetabek

Mitsubishi CSR Education Program

Sebagai program rutin dalam mendukung dunia Pendidikan, MMKSI mendonasikan 5 unit Xpander untuk bahan praktik, serta memberikan pelatihan sekolah menengah kejuruan

Mitsubishi CSR Humanity Program

Pada sisi kemanusiaan Mitsubishi Motors optimalisasikan fungsi dan manfaat Outlander PHEV untuk mendukung penanggulangan bencana dan pencegahan COVID-19. Selain itu Mitsubishi Motors di Indonesia juga mendonasikan 5 unit L300, donasi wastafel protabel dan Donasi 9,000 masker N95 sebagai dukungan terhadap kegiatan pencegahan COVID-19.

MMKSI juga menyampaikan target dan pencapaian 2021 mereka selama ini.

Pertama, awal tahun 2021 dibuka dengan diluncurkannya New Pajero Sport yang diterima dengan baik di masyarakat karena fitur-fiturnya yang lengkap. Selain itu, MMKSI berencana akan meluncurkan beberapa produk baru untuk Indonesia di tahun 2021 ini.

Dalam segi aftersales, MMKSI berencana untuk membuka 3 fasilitas body and paint, menjadikannya sebanyak 23 unit pada akhir 2021.

MMKSI juga tengah menyiapkan rencana untuk memaksimalkan pelayanannya, salah satunya MMKSI berencana menggunakan metode Mystery Shopper.

Terakhir, MMKSI juga akan mengintegrasikan layanan komunikasi agar semakin mudah untuk mencapai target.