Kita tidak bisa memungkiri bahwa komunitas atau klub adalah salah satu basis terkuat dari merek. Mereka menunjukkan loyalitas dan solidaritas yang sangat tinggi. Rasa penting bagi ATPM untuk menjaga hubungan baik dengan para komunitas mobil mereka jika ada.

Suzuki sendiri punya berbagai agenda dalam mengikat tali persahabatan tersebut, misalnya dengan agenda-agenda seperti Jambore Nasional, Musyawarah Nasional, touring, hingga kegiatan rutin lainnya.

Sayangnya, Covid-19 datang melanda Indonesia, terpaksa kegiatan tersebut dihentikan dulu sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Akhirnya Suzuki pakai cara lain yang dianggap sangat ampuh, yaitu gathering online agar tali silaturahmi tetap terjaga. 

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun mengadakan webinar bulanan bersama 14 klub mobil Suzuki di bawah naungan PT SIS selama tahun 2021. 

Keempat belas komunitas tersebut adalah Ertiga Mania Indonesia (ERMAN), Ertiga Club Indonesia (ERCI), Indonesian Ignis Community (IGNIS), Indonesia APV Club (IAC), Aerio Indonesia Club (AIC), Suzuki Jip Indonesia (SJI), Indonesia Grand Vitara (IDGV), Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI), Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), Swift Club Indonesia (SCI), Karimun Club Indonesia (KCI), Suzuki X4 Club Indonesia (SXCI), Baleno Club Indonesia (BCI), dan Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI). 

Kegiatan online tersebut dijadikan forum untuk saling bertukar pikiran, baik antara sesama klub maupun antara klub dengan Suzuki. Perwakilan dari tiap klub juga memberikan masukan untuk peningkatan kualitas produk dan layanan Suzuki bagi konsumen. 

Selain itu, dalam kegiatan webinar juga membahas mengenai hal-hal yang bersifat internal klub, seperti organisasi, keanggotaan, dan sebagainya.

“Kami akan terus berupaya menjalin silaturahmi dengan Suzuki Club sebagai komitmen kami untuk bersama-sama memajukan komunitas Suzuki Club. Kami juga dengan terbuka meminta anggota klub untuk memberikan masukan sebagai konsumen Suzuki, sehingga kami bisa melakukan perbaikan kualitas dan layanan ke depannya,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.