Honda Civic generasi ke-11 memang sudah berseliweran dimana-mana. Misalnya di Amerika Serikat dan di Tiongkok dimana mobil ini cukup populer. Atau tidak usah jauh-jauh, Thailand juga sudah mendapatkan Honda Civic generasi ke-11 ini.

Kami menduga Honda Prospect Motor akan menghadirkannya pada ajang GIIAS 2021 yang akan diselenggarakan 10-21 November di ICE BSD nanti. Namun, ternyata kami salah total! Honda mendadak merilis Honda Civic generasi ke-11 ini pada 28 Oktober 2021, bertepatan dengan perayaan hari sumpah pemuda.

Mungkin karena mobil ini ditujukan untuk pemuda. Apalagi, Honda hanya merilis varian RS untuk sekarang yang memang sangat cocok untuk anak muda.

Bagaimana sih mobilnya? Mari kita bahas.

Pertama-tama, desainnya berbuah total. Bisa dibilang Civic terbaru ini tampilannya tidak sekaku generasi sebelumnya. Mobil ini bisa dibilang lebih sporti.

Terdapat beberapa integrasi pada desain mobil ini, misalnya grille depan yang menyatu dengan Full LED  Headlight yang juga dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal. 

Karena ini adalah varian RS, maka Honda Civic terbaru ini telah dilengkapi dengan aerokit seperti spoiler dan aksen sporti berupa finishing hitam pada beberapa bagian, seperti pada spion auto retract-nya, gagang pintu, dan velg 17 incinya.

Untuk mempertegas rasa sporti, All New Honda Civic RS ini sudah menggunakan knalpot Dual Exhaust Pipe Finisher serta Rear Combi  Lamp with LED Light Bars.  

Interior juga telah berubah total. Lagi-lagi, integrasi terlihat pada interior, utamanya pada ventilasi AC yang dibuat menyatu dengan aksen untuk tampilan yang lebih bersih atau sering disebut clean.

Aksen tersebut berbentuk honeycomb berbahan logam yang membentang pada dashboard meningkatkan kesan mewah yang berfungsi sebagai garis pemisah visual antara  9” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio dan panel kontrol A/C yang berubah  menjadi Dual Zone Auto A/C yang berfungsi sebagai pengaturan suhu antara pengendara  dan penumpang depan secara terpisah. 

Lalu, layar speedometer yang dulunya menggunakan layar sederhana kini sudah menjadi full LCD TFT berukuran 10,2”. Tampilan cluster juga bisa diubah. Pengemudi bisa memilih antara cluster lingkaran atau berbentuk bar.

Cluster ini akan menampilkan sebagian besar aktivitas pada mobil akan ditampilkan  pada meter cluster, seperti Honda SENSING, sistem navigasi, rear seat reminder, hingga  aktivitas lampu indikasi pada kendaraan seperti saat lampu headlight, blinker hazard, dan brake menyala.

Ya, DeepEnd-ers tidak salah baca, All New Honda Civic RS ini sudah menggunakan Honda Sensing. Tidak mengejutkan karena memang Honda sedang gentar memasarkan sistem ini pada lini kendaraannya.

Honda Sensing pada Civic RS meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping  Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification  System (LCDN).

Selain Honda Sensing, terdapat berbagai fitur lain juga seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang  lebih luas dari area blind spot, 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact  beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric  Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan  Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

Hasilnya, All New Honda Civic telah mendapatkan  peringkat bintang 5 dalam tes New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN  NCAP) dengan skor keseluruhan mencapai 83,47 poin, termasuk uji benturan frontal offset, uji  benturan samping, dan evaluasi fitur keselamatan. 

Honda juga memperkenalkan teknologi baru berupa Honda Smart Key Card hadir sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan  seamless. 

Kunci yang berbentuk seperti kartu ini akan memungkinkan pengendara untuk  dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System  serta Walk-Away Auto Lock, sehingga pengendara dapat dengan mudah mengoperasikan  mobil hanya dengan Smart Key Card. 

Untuk mesin, terjadi pembaharuan dengan 1.5  liter DOHC VTEC Turbo sehingga menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 178 PS  pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, terbesar di kelasnya. 

Tersedia juga fitur SPORT Mode untuk  pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift untuk kendali  perpindahan transmisi yang lebih sporty. Selain itu, terdapat juga ECON Mode untuk  pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

All New Honda Civic RS dijual dalam 4 pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp  567.000.000,-. Harga yang tertera adalah harga untuk on the road wilayah Jabodetabek dan  juga BBN Mobil Pertama tahun 2021. 

Untuk kustomisasi, Honda menyediakan aksesoris resmi Modulo seperti Front Grille Garnish, Front Under Spoiler, Side Under  Spoiler, Rear under Spoiler, Door Visor, Trunk Tray dan Rubber Matt. Aksesoris Modulo  tersedia melalui seluruh dealer resmi Honda di Indonesia dan dapat dibeli terpisah. 

Honda juga menawarkan Paket Perawatan yang menjamin biaya perawatan  berkala (parts dan jasa) yang lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga. Konsumen  dapat memilih Paket Hemat 1 (4 tahun / 50.000 km) atau Paket Hemat 2 ( 8 tahun / 100.000  km) yang lebih sesuai dengan kebutuhan.