Setelah sebulan publik digemparkan oleh tampilan Mitsubishi New Xpander yang bocor ketika menjalankan shooting iklan, publik kini akhirnya bisa melihat Mitsubishi New Xpander secara menyeluruh tanpa ada rahasia lagi. 

Karena, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah resmi memperkenalkan Mitsubishi New Xpander & Xpander Cross kepada publik secara online pada 8 November 2021.

Memang Xpander terbaru ini bukanlah generasi terbaru karena sasis dan platformnya masih sama. Namun, banyak perubahan yang terjadi sehingga ini bukanlah sekedar facelift.

Pertama-tama mari kita bahas Mitsubishi New Xpander. Tampilan depannya mengalami perubahan pada desain bumper dan skidguard. Kami suka akan  detail positioning lamp pada Mitsubishi New Xpander. Tampilannya terlihat lebih modern dan tajam.

Lalu, yang menjadi ciri khas Xpander terbaru ini adalah bentuk lampu depannya yang menggunakan model T-shape. Selain perubahan desain, lampu depan tersebut kini sudah mengadopsi teknologi LED agar pencahayaannya semakin baik.

Ubahan juga terjadi pada velg dimana Mitsubishi New Xpander kini menggunakan velg bermodel progressive dengan ukuran 17 inci.

Sesuai desain bahasa desain baru dari Mitsubishi, lampu belakang kini turut menggunakan desain T-shape dengan bumper baru. Disematkan pula parking sensor dan kamera parkir pada bagian belakang dari Mitsubishi New Xpander.

Yang impresif adalah kabinnya. Kami mengira, hanya terjadi facelift tampilan. Namun rupanya, terjadi perubahan total pada desain dashboard dari Mitsubishi New Xpander.

Desain dashboard baru ini mengusung konsep horizontal dengan soft touch dan jahitan asli. Setir juga mengalami perubahan dengan model yang serupa dengan Mitsubishi Lancer Evolution X.

Setir ini juga menjadi tempat bertenggernya tombol untuk cruise control, voice recognition, serta hands free telephone. Setir ini juga sudah tilt & telescopic.

Beberapa tombol juga berfungsi untuk mengontrol sistem audio 8 inci yang sudah memiliki konektivitas smartphone.

Penggunaan teknologi juga hadir dalam bentuk ac yang kini sudah digital, hadirnya rem parkir elektrik, sistem auto hold, serta sistem keyless dengan tombol start stop.

Sesuai dengan ciri kashnya, Xpander pasti harus nyaman bagi penumpangnya. Karena itu, layout kursi fleksibel tetap dipertahankan dan setiap baris memiliki power otlet, termasuk sebuah outlet USB C dan A di baris kedua.

Baris kedua juga memiliki arm rest yang besar. Kini arm rest tersebut sudah dilengkapi dengan cup holder.

Kenyamanan juga semkain ditunjang oleh suspensi baru yang memiliki shock absorber terbaru untuk menambah kenyaman dan stabilitas.

Mumpung sedang bahas urusan teknis, Mitsubishi New Xpander tetap mempertahankan mesin 1.500 cc MIVEC yang memiliki tenaga 105 PS pada 6.000 RPM, torsi 141 N.m pada 4.000 RPM. 

Yang membuat Xpander terbaru ini berbeda adalah penggunaan transmisi CVT dibandingkan transmisi 4 percepatan konvensional. Mitsubishi mengklaim transmisi ini bisa seefisien transmisi 8 percepatan dan bisa memberikan akselerasi yang halus.

Untuk keselamatan, Mitsubishi New Xpander sudah menggunakan teknologi RISE body, HSA (Hill Start Assist), ASC (Active Stability Control), ABS EBD BA, Emergency Stop Signal, serta 2 buah airbag.

MMKSI merilis Mitsubishi New Xpander dengan 4 tipe, yaitu Ultimate, Sport, Exceed, dan GLS. Hanya saja, tidak ada opsi transmisi manual pada varian Ultimate. Terdapat juga 6 warna yang dimana sebagian hanya tersedia di tipe tertentu.

Sayangnya, MMKSI belum mengumumkan harga dari Mitsubishi Xpander. Namun, MMKSI berjanji akan mengumumkan harga dari Mitsubishi New Xpander pada ajang GIIAS 2021 pada 11 hingga 21 November 2021 nanti.

Bagaimana DeepEnders, apakah kalian suka dengan facelift terbaru ini?