FK8 ini menarik banget dari segi handling. Dikombinasikan dengan mesin K20 yang cukup terkenal di kalangan penggila Honda. Kini sudah memecahkan rekor the fastest FWD di sirkuit Nurburgring, Jerman 2017.

Dan yang lebih menarik lagi, car ownernya merupakan narasumber loyal DeepEnd. Setahun minimal 2 kali modifikasi mobil, dengan bahan yang berbeda-beda. Gallardo, RX-8, Macan, hingga Type R ini. Semuanya mobil berkarakter kencang. 

Untuk FK8 ini, Budi Wirawan tetap mempertahankan konsep JDM looknya tapi juga driveable but more power.

Semisal, pada eksterior hanya mengganti dengan Mugen style tail light. Selebihnya semua body kit tetap mempertahankan aslinya, agar aura Type R tetap terlihat. Tapi yang sangat kental terlihat apalagi kalau bukan Brilliant Sporty Blue Metallic. Dengan kode #B-637P, memberikan nuansa yang amat berani. Jadi tak perlu tambahan ini-itu di bodi luar, semua akan kalah oleh warna birunya.

Penyuka traveling ini sejujurnya awalnya mendapat kendala.
Ia menemui spec velg yang lebih terbatas dibanding mobil pada umumnya.
Tak ada pilihan lain. Itu-itu saja sebenarnya.
Akhirya, Budi mengalah. Ia akhirnya memasang ZE40 Time Attack II, karena mempunyai kesan JDM look yang sangat kuat.

Yokohama Advan Neova AD08R menjadi pasangan hidup bagi ZE40. Ban dengan karakter grip dan handling yang istimewa. Size yang digunakan semua all around di 255/40R18. Meaty looknya turut memberikan kesan mobil lebih padat.

Budi tak mengubah suspensi. Menurutnya, spec standard Type R FK8 sudah sangat mumpuni.

Oleh Honda, suspensi Civic Type R 2021 telah diperbarui untuk penanganan yang lebih responsif dan tajam. Perangkat lunak kontrol dalam Adaptive Damper System (ADS) sekarang mengevaluasi kondisi jalan sepuluh kali lebih cepat (2Hz hingga 20Hz). Hal ini menghasilkan apa yang diklaim Honda sebagai reaksi peredam yang ditingkatkan untuk respons penanganan dan kualitas pengendaraan yang lebih baik.

Detail inovasi lainnya, bushing belakang untuk lengan bawah telah diperkeras, menghasilkan toe yang lebih baik saat menikung. Di depan, bushing yang diperbarui (10 persen lebih kaku secara longitudinal) dan lower-friction ball joints terbaru menghasilkan nuansa kemudi yang lebih tajam untuk kontrol yang lebih baik.

Sudah lebih cari cukup untuk handling Si Biru dengan estimated power 400 hp ++.


Workshop:
Drivetech Auto Garage @drivetechautogarage

Data Mods:
Volk Racing ZE40 Time Attack II 18×95 inches, Rays Duralium lugnut, Yokohama Advan Neova AD08 255/40R18, HKS intercooler, HKS down pipe, HKS front pipe, HKS Legamax exhaust system, HKS SSQV IV BOV, DEI exhaust wrap, Cusco front strut bar, Mishimoto cold air intake, Project µ reservoir cover, Hondata ECU remap, Spoon oil cap, Spoon radiator cap, PIAA twin horn