LS600HL ini tipe tertinggi, dengan Hybrid Drive yang menampilkan mesin 5.0 L 2UR-FSE V8 yang dikawinkan dengan dua motor listrik dengan baterai hidrida logam-nikel. Hybrid Drive ini akan aktif pada putaran rendah dan langsam. Sudah mesin besar, dan punya pilihan super senyap, lantas all wheel drive pula. Tapi ternyata cukup irit di kelasnya, dengan fitur interior yang sangat mewah.

 

Sayang enggak sih, sedan Lexus nan premium kena sentuhan modifikasi?
Kalau sayang, mungkin bukan pembaca DeepEnd.
Maka mari dimaknai kalimat itu sebagai “di situlah tantangannya”.

Suspensi dan kaki-kaki menjadi tantangan.
Dikarenakan mobil ini all wheel drive sehingga suspensi dan kaki-kaki berbeda dengan Lexus LS460 dan sejenis yang ada. Selain bentuk dan panjang suspensi, kaki-kaki juga terbuat dari alumunium padu sehingga agak sulit dicustom. Diperlukan alat las yang cukup mumpuni dan teknik las yang baik untuk membuat kaki-kakinya yang diambil dari bahan OEM yang dimodifikasi.

 

Dari situ, berlanjut pada proyeksi pemasangan suspensi udara. Akhirnya dicustom menggunakan bellow dari Bold (Jepang) dan coilover Bellow yang dicustom lebih rigid untuk mobil berbadan besar. Sedangkan manajemen dan tangki menggunakan Air BFT karena kompresornya cukup silent untuk pengisian udara.

Kaki-kaki dan suspensi sudah sip direkayasa, tinggal memilih BBS LM berukuran 20x(9.5+11) inci. Selain brand ternama dan sudah terkenal kekuatannya, BBS dipercaya karena forged wheel cukup kuat dan reliable untuk mobil gambot ini. Tidak mengejar fitment hanya agar terlihat manis dan bisa dipakai harian.

Sedangkan ban yang digunakan, Temmy memang doyan Pirelli. Pada awalnya ukuran P Zero ini tersedia di lokal. Tapi yang benar-benar diingat Temmy, “Ban ini cukup nyaman dan memiliki noise reduction yang cukup baik.”

But wait, Batam nampaknya diliputi oleh kesenangan membuat wajah mobil lebih muda.
DIcat? Bukan dengan cara ini.
Tapi bodi yang berubah.

Lexus LS600HL UVF46 2007 milik pengusaha yang doyan pelihara burung ini, difacelift ke tahun 2012. Meliputi bonnet, bumper, lampu, fender depan, kap belakang dan lampu belakang. Kebetulan yang tahun muda lebih mudah didapat.

Biaya facelift spare part dan pengecatan kurang lebih 90 jutaan. Walau begitu ada yang dikorbankan, seperti auto leveling yang akhirnya dibiarkan tak berfungsi. Secara visual, tipe yang facelift lebih sangar perawakannya. Terutama di bagian grill dan lampu.


Workshop:
Wheels & undercarriage: Kandas Services @kandas_genk
Engine & transmision: Rudi Motor
Paint: AMS Body Paint 

Data Mods:
Bold air suspension w/ custom coilover, AirBFT air management, BBS LM 20x(9.5+11) inches, Pirelli P Zero 235/35ZR20 & 285/30ZR20, Modelista body kit, 2012 Lexus LS600 body facelift