Sudah 2 tahun Francesco Felix membesut BMW M2 Competition 2020, dengan kelir Long Beach Blue sebagai hero color. Selama itu, dan sejauh 19.000 kilometer, “Saya bisa menyimpulkan, mobil sport ini mempunyai tenaga yang tidak main-main, tetapi fun to drive dan juga sangat layak untuk dikatakan sebagai daily car.”

Dengan harga yang ditawarkan ATPM untuk BMW M2 Competition ini, sebenarnya ada opsi lain yaitu Mercedes-AMG C43 Coupe dan Audi TTS sebagai rival yang setara dengan M2C. Namun, sekali lagi, keunggulan M2C tak jauh dari kata performance. Dimana mesin 3.000 cc 6 silinder segaris jos menghasilkan tenaga 410 Hp. Lantas, dipadukan dengan bodi mobil yang compact akhirnya menghasilkan keasyikan berkendara yang luar biasa.

Felix yang tinggal di area Mulyorejo, Surabaya, namun kuliah di Universitas Binus Alam Sutera, Tangerang, akhirnya tertarik juga untuk melakukan dressed up. Pada dasarnya mobil ini terlahir dengan bentuk bodi yang seksi namun juga kompak, tidak sepanjang dan selebar kakaknya yaitu M3 dan M4.

Konsep modifikasi yang Felix terapkan yaitu Track Look, “Mengambil referensi dari Team Schirmer yang bermarkas di Jerman, namun masih bisa diandalkan sebagai daily car.”

Dari pendekatan itu, velg yang menempel adalah BBS E05 Motorsport, dengan spesifikasi lebar 10+12 dan offset 22/43 mm dan berada pada diameter 19 inci. “Velg ini saya dapatkan dengan kondisi bekas di 10x juta,” ungkap pemilik postur 179 cm/72 kg.

Spesifikasi velg ini sangat pas ketika diaplikasikan ke BMW M4/M3. Akan tetapi, dikarenakan Felix ingin fitment lebih agresif dari kebanyakan BMW M2 yang beredar, “Saya memutuskan untuk mengaplikasikannya ke mobil saya.” Perbedaannya makin nyata ketika center cap menjadi warna putih dan emas, yang secara signifikan membuat tampilan menjadi lebih berkelas.

Velg BBS ini berlabelkan “Motorsport”. Sebuah ciri kekhususan untuk track use. Berbahan aluminium forged dengan tujuan agar velg ini lebih kuat dan lebih ringan. Terdapat juga “pocketing” pada palang velg ini dimana akan mengurangi bobot dari velg tersebut. Jangan heran, bobotnya hanya +/- 10 kg per biji. Bukan yang paling ringan di kelasnya namun memiliki kekuatan yang luar biasa.

BBS E05 Motorsport berkonstruksi 3-piece dengan artian lips, face dan barrel dari velg tersebut dapat dibongkar menjadi 3 bagian. Memudahkan saat terjadi kerusakan pada salah satu bagian velg sehingga kita bisa mengganti komponen yang rusak saja.

Pada keempat karet hitamnya, diaplikasikan Michelin Pilot Sport 4S 265/35 dan 295/30.  Dengan ukuran ini, hasilnya tidak menjadi meaty yang sempurna. Diaplikasikan ke velg berukuran 10/12 menghasilkan efek sedikit stretch, tapi tetap terlihat padat karena dinding Michelin yang begitu tebal. “Fitment ini merupakan fitment yang saya rencanakan mengingat velg yang saya gunakan memiliki spek yang agresif jika diaplikasikan ke BMW M2,” cetus Felix.

Dari kombinasi velg dan ban inilah kemudian beranjak ke coilover Yellow Speed Racing, ketimbang KW Suspension ataupun Ohlins yang memang didesain untuk track use. Tentu ada alasannya. “Ingin membuktikan apakah dengan harga yang sangat jauh lebih terjangkau bisa mendapat hasil yang maksimal?” kata Felix. Selain itu, coilover Yellow Speed juga menawarkan fitur camber plate untuk mengatur camber depan, sebagai pendukung fitment yang mirip seperti track look.

“Dan benar saja, coilover ini terasa lebih nyaman dibandingkan dengan suspensi standar pabrik meskipun pada setelan paling kerasnya, dengan tanpa menghilangkan handling mobil yang presisi,” ucap kelahiran 5 Juli ini.

Setelan kependekan coilover hanya mencapai 1 jari, rapat celah dari fender ke ban agar masih bisa digunakan untuk daily namun masih terlihat menawan. Sudut kemiringan camber dimainkan menjadi -2.1 di depan dan -2 di belakang. Berkat setingan camber ini pula, mobil menjadi lebih presisi dan terasa gampang saat melahap tikungan.

So far, “Saya sudah cukup puas dengan setelan mobil ini. Kalau ditanya ke depannya mau upgrade apa lagi, mungkin di sektor interior yaitu jok Recaro Sportster dan setir menggunakan KMP demi memperkuat konsep track look itu sendiri.”


Workshop:
Suspension: Asco Motorsport @ascomotorsport
Undercarriage: RPM @rpm.sby
Engine: ADR Motorsport @adr.motorsport

Data Mods:
Carbon front lips, carbon rear ducktail, white & gold BBS center caps, Evolve Automotive UK paddle shift, red M1/M2 steering wheel button, Rspeed catless downpipe, BM3 Stage 2 remap, XHP Flashtool Stage 3 transmission, VRSF air intake, Yellow Speed Racing coilover, BBS E05 Motorsport 19x(10+12) inches, Michelin Pilot Sport 4S 265/35R19 & 295/30R19