Mobil ini sebelumnya ada di Palembang. Kini diboyong orang Bandung, yang mengimpikan sejak “ribuan tahun lampau”. David Adibrata memang suka banget Evo, “Karena modelnya timeless.”
“Evo adalah mobil kesukaan aku sejak nonton Fast & Furious. Sampai kebayang-bayang pakai Evo street racing dan ada lampu kolongnya. Setiap ngegame juga pake Evo. Apalagi main NFS, bikin pakai Voltex persis seperti sekarang Evo aku ini.”
Padahal ini hasil convert. Berbasis Lancer Cedia 2003. Dimana Cedia sendiri berasal dari gabungan kata Century Diamond. Di pasar sini berkode CS, menggantikan Lancer CK4 yang berhenti di ujung 2002. Dari bentuknya, sudah jelas, tak lagi mirip Evo 6 dan 5 apalagi 4.
Jadi wajar bila banyak menyangka convert ini asli dari pabrikannya. Sebab Cedia sebenarnya agak jauh ya.
Lampu depan dan lampu belakang dan belakang saja sudah beda dengan Evolution. Dari situ, grillnya pasti ngikuti karakter lampu depan. Bumper? Semua beda. Termasuk spakbor, fender, garis bodi pintu bahkan bentuk pintunya.
Nah yang ini bagaimana?
Bung David buka suara di Bandung 2 minggu lalu. Yang kelihatan antara lain spidometernya, tapi sudah ketutup Haltech. “Dashboard Cedia sama Evo sebenernya mirip banget, cuma beda warna. Warna dashboard Cedia beige, tapi aku cat item biar kaya aslinya Evo,” ucap pemilik postur 195 cm dan 140 kg. Tapi selanjutnya, “Mesin, struktur bodi, semua sudah Evo banget.” Singkatnya, jika diihat dari luar, sudah tak kelihatan lagi Cedianya.
Menurut David, “Convert yang sempurna, street racing banget.”
Memang Evo convert ini gahar. Rapat dengan aspal. Dan pastinya kencang mengusung mesin 4G63 yang terkenal bandel. Gardan juga sudah Evo. Asyik banget buat daily dan kebut-kebutan. Dyno proven by KS Nusa di angka 280.1 WHP.
“Biarpun ini convert tapi aku bangga karena convert yang proper itu enggak gampang. Susah banget prosesnya dari nol. Dari Cedia biasa, bisa berubah jadi Evo IX,” tegas David.
David menuntaskannya dengan memasangkan wing Evo IX, menggantikan GT-wing Voltex. Mengaplikasikan velg 18, alias turun 1 inci, agar lebih turun bodi thunder greynya.
Data Mods:
4G63T turbo, HKS blow off valve, HKS spark plug, Tomei header, HKS exhaust, Exedy clutch kit, Haltech ECU PS 1000, Haltech race display dash, SSCUS semi bucket seat, interior retrim, Evo 9 steering wheel, Voltex Racing body kit, Evo 9 wing, Voltex wide body kit, Evo 9 head lamp, Esdepo Evo 9 tail light, Cusco front bar, hydraulic hand brake, Weds Sport TC105N 18×8.5, Brembo Evo 4/320 & 2 pot/280 mm, Tein coilover, full Pioneer power, Pioneer sub Champion series