Panggilan sayangnya GreenG8.
Itu nama kerennya.
Tapi kalau dipanggil, ya singkat saja, “Grin”.

Tuannya, Andi Rochim, yang punya berat 57 kilo dan tinggi 171 senti. Hobinya fotografi dan futsal. Kedua hobi ini nyambung sama si Grin. Motretin Grin yang kakinya udah diutak-atik jadi lebih lekat dengan aspal.

Mobil hadiah dari orang tua ini rasanya sayang kalau dilego. Maka agar Grin betah diam di rumah, Andi memodifikasinya, hingga menjadi satu-satunya Jazz stance di Balikpapan. Rumah Andi itu di daerah Balikpapan Timur yang banyak dihuni oleh buaya. Agak jauuuh dari pusat kota.

Tapi justru itu menjadi tantangan tersendiri untuk tak bolak-balik dari rumah ke bengkel. Andi merekayasa sendiri mekanis dan teknisnya. Andi ini mirip Macgyver. 

Ia analisa sendiri.
Konsepkan sendiri.
Ukur sendiri.

Dengan keyakinan itu, pergilah Andi ke tempat bubut. Trial error adalah kunci. Laboratorium yang DeepEnd acungi jempol. Dua jempol malahan! Sehingga Andi menjadi inkubator bagi ekosistem stance. Tukang bubut jadi paham, mekanik spooring punya pemahaman baru, bahkan circle penyuka stance di Balikpapan menjadi makin menggelinjang. 

Mari kita kupas sedikit si Grin. 

Velgnya 3-piece lawas yaitu Work Equip 05 yang mempunyai lebar 10.5 rata dengan offset 0, dan oleh Andi dibuatkan custom outer lips. Velg ini dibungkus ban Accelera Phi 205/40 yang menurut Andi, “Lembek, cocok untuk narik.” Lantas lanjut dipasangkan AP Racing 330 mm/4 pot.  

Kemudian pemasangan suspensi udara. Di Balikpapan dan sekitarnya memang tak semua jalanannya mulus. Pemahaman akan manfaat suspensi semakin berkembang. “Makin banyak teman-teman mengaplikasikan air suspension.”

Namun…, “Yang membuat beda adalah cambernya, dimana Jazz tidak bisa dicamber bagian belakangnya, jadi saya harus mengorbankan arm untuk dipotong,” aku Andi yang juga membuatkan custom camber depan yang adjustable. 

Nah soal kastemisasi ini pada kenyataannnya banyak terjadi di tubuh Grin. 

Pertama, mengubah PCD pada teromol Jazz dari 4×100 menjadi 5×114.3.
Kedua, otomatis BBK juga diubah ke 5×114.3 dengan menambahkan spacer nok depan 1.5 cm.
Ketiga, mengaduk-aduk catnya hingga menjadi apa yang disebut green lime gold with Xirallic, tentunya setelah wide body dilakukan.


Workshop:
Air suspension installation: 713cargarage @713cargarage
Custom arm: Valerie Garage @valeriegarage