Membeli Land Rover itu mengasyikkan!
Disediakan tour dengan banyak opsi sehingga utak-atik pilihan itu bagaikan bespoke tour yang fully personalized. Kesana-kemari, mikir sini mikir situ, pasang A pasang B, sampai akhirnya mix n match itu sesuai tujuan dan selera.
Istilahnya, SHAPED FOR YOUR LIFESTYLE.
Tapi disclaimer dulu ah. Petualangan ini khusus kalangan mapan dan rezeki yang mengalir deras.
Untuk Defender ini ada 3 macam, 90, 110 dan 130, atau pendek, regular dan panjaaaang. Ketika 90 tersedia dalam 9 model dan 130 hanya 1 model, maka 110 mejadi varian paling banyak menawarkan model yaitu 10 yang berbasis sub varian S, SE, HSE, X-DYNAMIC SE, X-DYNAMIC HSE dan X. Nah, yang DeepEnd liput ini wabilkhusus lagi yaitu Defender X-Dynamic SE P300 AWD Automatic.
Akselerasinya cukup lincah mampu mencapai 7.4 detik untuk 0-100 km/jam, lewat dukungan mesin 2.0 liter 4 silinder bertenaga maksimum 300 PS pada rpm 5.500. Dua hari di Samarinda sempat numpang mobil ini, rasanya seperti naik star cruise yang kalem-kalem tapi bisa dibetot kencang membelah Kota Tepian itu.
Harganya 2.6 milyar dengan standar fitur All Wheel Drive (AWD), Twin-speed Transfer Box (high/low range), Electronic Air Suspension yang berduet dengan coil suspension, Adaptive Dynamics, Terrain Response, Hill Launch Assist, Electric Power Assisted Steering (EPAS), Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Traction Control (ETC), Roll Stability Control (RSC), Cornering Brake Control (CBC), Hill Descent Control (HDC) dan Brake Hold. Belum lagi yang fitur interior dan eksterior. Pokoknya banyak bin puas lah.
Tapi SUV dengan 8-speed Automatic Transmission dan low traction launch ini mengaplikasikan apa yang disebut dengan Explorer Pack, terdiri dari Front Classic Mudflaps, Rear Classic Mudflaps, Matte Black Bonnet Decal, Wheel Arch Protection, Raised Air Intake, Expedition Roof Rack, Silver Exterior Side Mounted Gear Carrier yang totalnya seharga 190 juta rupiah.
Salah satu yang sangat khas adalah Silver Exterior Side-Mounted Gear Carrier sebagai solusi ruang penyimpanan tambahan seberat 17 kg, dan “ditempel” di kaca samping belakang. Sudah didesain dengan “minimise wind noise”. Memiliki anak kunci, tahan air dan tahan lingkungan yang keras. Jika sifatnya opsional di sektor eksterior, DeepEnd mensinyalir ini akan menjadi perburuan rare product di kemudian hari.
Namun Mr. B menggusur Style 5094 20 inci yang dikelir Satin Dark Grey. Ia meminta Adi Sofyan punggawa Porsckit Auto Garage, untuk memilihkan velg baru.
Oleh Adi, lantas dipasangkan ADV8 Track Spec SL Series dengan diameter 22 inci, yang kemudian dibungkus ban Yokohama Parada 285/45/22.
Defender ini memang didesain untuk mobil petualang atau bisa disebut sebagai semi off-road. Dengan pilihan Explorer Pack sebagai identitas baru, dan velg 22 yang semakin membuatnya gagah dan berisi.
Namun…, di Samarinda, tentu saja Defender 110 ini amat berguna saat mengunjungi site tambang atau perkebunan.
Workshop:
Porsckit Auto Garage @porsckitautogarage