Siapa yang nyangka kalau wagon ini didesain oleh orang Jepang?

Joji Nagashima, kelahiran Tokyo tahun 1955 dan lulusan Musashino Art University (Department of Craft and Industrial Design). Sempat ke Opel dan Renault, lantas berlabuh di BMW pada 1988. 

E39 station wagon ini keluaran 2001. “Mobil yang sangat istimewa bagi saya, sebab original dan bersurat resmi. Konon yang bersurat resmi hanya ada 8 unit,” ucap Mr. A. 

DeepEnd sampai sekarang belum pernah berjumpa Mr. A. Namun wagon ini sudah 2 kali ditemui DeepEnd. Mengapa? Saat kali pertama, ada 4 mobil keren yang ikutan cari lokasi potret hingga sadar-sadar sudah magrib. Maka pada kesempatan kedua, DeepEnd sekaligus nyemplak di kabin, merasakan bahwa ternyata…, mobilnya enak banget. Bukan berasa naik delman! Apalagi overall is in good condition. Baik kabin, mesin dan body parts. 

Puas. Beneran puas. Terlebih konsep fotonya memang sengaja diceburkan agak-agak ke alam. Terbukti tangguh dan adaptif. 

Terlebih warnanya kok cocok ya. Imola red yang digunakan oleh M5 E39, yang diaplikasi dari Glasurit oleh Akasia Motor 2. Walaupun terkesan bias, warna cat ini jauh lebih cocok di bidang permukaan yang lebih panjang. Singkatnya, perhaps the perfect mix between aggression and refinement. 

Mr. A menjangkau imajinya lewat custom spec BBS RS 005-076. Double step up dari 16 ke 18, dengan final size 18x(10+11) inci dan all around offset 11 mm. Semua brand new hardware termasuk flat cap yang tersentuh customize.

Ukuran ini dikombinasikan dengan ban Accelera Phi. Dimana tingkat narik bannya lebih pas dan ideal. “Tidak terlalu tipis dan tidak terlalu besar,” ucap Utha, punggawa Dimension Garage. 

Walaupun sudah “diisi” barang-barang wahid, namun Mr. A tak melupakan fitment. “Menurutku, fitment itu salah satu mahkota dari mobil. Nomor satu untuk penampilan mobil, dengan tingkat kesulitan pada bagian depan mobil dimana Dimension Garage dengan mudah menyelesaikannya,” tutur Mr. A.

Setelah E39 ini sukses dirilis, Joji sempat menjadi visiting professor di 2 universitas berbeda di Jepang. Semoga Joji-san melihat mobil Mr. A ini.

Dimana kita semua menikmati betapa E39 bisa menjadi timeless design yang banyak diimpikan untuk dimiliki sebagai target bahan modifikasi. DeepEnd meliput sebuah kesempurnaan, dan Indonesia pun bisa bikin mobil keren fungsional.

Setuju?


Workshop:
Paint: Akasia Motor 3 @akasia_motor3
Suspension: Akasia Motor 2 @akasia_motor2
Wheels fitment: Dimension Garage @dimensiongaragee
Engine: Liberty Garage @libertygarage.id
Wheels: Garasi Hobby Sukabumi @garasihobby_sukabumi
Interior: Tridi Car Interior @tridi.carinterior
Electrical & AC: Bismillah Bengkel BMW Bintaro @bbb_bintaro

Data Mods:
M5 part number spoiler, M5 part number mirror, Hamann Motorsports front lips, all carbon panel interior, Android head unit, M5 wheel steering, Airgen suspension, Air Lift air management, BBS RS 18x(10+11) inches, Accelera tires, M5 E39 front big brake