Setiap kali DeepEnd pergi ke Yogyakarta alias Jogja, pasti selalu ada cerita baru nan spesial. DeepEnd yang baru saja selesai liputan Mitsubishi XForce langsung cus ke Transmart Maguwo Yogyakarta karena ada acara spesial yang DeepEnd tidak mau lewatkan, yakni Hotrod Weekend Party 2023 by Hotrodiningrat.

Bertempat di Transmart Maguwo Yogyakarta pada 9-10 Desember 2023, DeepEnd rasa ini adalah tempat yang tepat dan waktu yang tepat. Parkiran indoor Transmart Maguwo menawarkan venue yang luas dan adem, tidak usah pusing kepikiran teriknya matahari.


Acara Hotrod Weekend Party alias HWP tak terasa sudah berjalan dari tahun 2014, Hotrodiningrat yang diwakili oleh Arief Jamil, Vari, Walik, Gani, Andri, Topan, Arief Uda dan Moko selalu konsisten dalam mengadakan acara tahunan ini. Kecuali pada tahun 2020 dan 2021 karena Covid.

Kenapa Jogja? Kalau dipikir-pikir, area Yogyakarta dan sekitarnya seperti Magelang memiliki kultur mobil retro yang kental, tidak hanya American, kultur VW klasik juga kental. Daripada asumsi saja, DeepEnd pun bertanya ke Abah Topan.


Menurutnya salah satu faktor terbesar adalah usia pemain otomotif yang senior. Bisa dilihat
memang kebanyakan peserta dari HWP dan pemain otomotif di Jogja dan sekitarnya usianya sudah cukup senior dan aktif dalam modifikasi mobil. Wajar jika mereka memilih mobil yang sangat lawas karena masa muda mereka dipenuhi oleh mobil tersebut.

“Mungkin saya salah satu yang paling muda disini,” ujar pria yang bisa dibilang mirip Stevie Item ini.

Hal tersebut pun diwariskan ke anak-anaknya. Sehingga tidak heran bila anak muda Jogja juga banyak yang terpengaruhi kultur hotrod & American Classic. Semoga acara ini pun juga bisa jadi akselerasi regenerasi pecinta mobil klasik.

Sebenarnya apa yang masuk ke acara ini? Sebenarnya tidak ada patokan khususnya, namun segala sesuatu yang berbau klasik Amerika diterima disini. Dari pick-up, sedan, wagon, sampai mobil custom made dari 0. Tidak perlu V8 juga tidak masalah, toh banyak mobil Amerika yang masuk ke Indonesia dengan konfigurasi 6 silinder. Mesin diesel Mercedes-Benz OM 366 pun turut hadir disini.

Kerennya dari kultur hotrod Jogja dan Indonesia, satu mobil bukan berarti satu gaya saja, banyak gaya yang bisa diadopsi dari satu jenis mobil.

Salah satu gaya yang cukup populer adalah Patina dan Rat Rod. Kedua gaya ini menggabungkan eksterior mobil yang terlihat kusam dan berkarat. Namun jangan salah, ini sengaja dilakukan untuk menjaga orisinalitas dari cat, bahkan mobil yang memiliki patina interiornya seringkali sangat nyaman.


Berbeda sedikit dengan Rat Rod, model ini sengaja dibuat dengan konsep berkarat dan seakan tidak terurus. Namun membuat konsep rat rod sendiri tidaklah mudah, pemilihan parts hingga ke interior harus terkonsep. Salah satu yang paling menarik adalah rat rod Ford Pick Up yang terinspirasi dari pesawat analog perang dunia II.


Apakah karena spare parts susah? Ternyata engga juga, kedua gaya tadi memang sengaja. Jika butuh spare part, Abah Topan mengatakan kini sudah tidak terlalu sulit, apalagi sejak adanya internet.

Buktinya banyak kok yang tampil mulus berkelas. Bahkan diberi sentuhan teknologi modern seperti AC agar nyaman bahkan untuk perjalanan jauh. Paling jauh dari mana? Ada peserta yang bablas bawa Ford tahun 1948 dari Lampung ke Jogja 15 jam nonstop. Tergambarlah antusiasme pecinta mobil retro dan hotrod nasional.

Selain meetup memang ada acara lain? Ya jelas ada dong, yang paling menarik perhatian DeepEnd adalah Red Carpet.

Sesi Red Carpet dilakukan di area outdoor dari venue Hotrod Weekend Party 2023. Sebelum mobil dipindahkan, sebuah karpet merah digerai terlebih dahulu, spot VIP untuk mobil.

Mobil yang ingin maju ke Red Carpet ternyata banyak juga, sampai menyebabkan kemacetan untuk antri. Pada prosesi ini juga model yang berdandan dengan akurat sesuai tema Hotrod Weekend Party datang untuk foto.

Tapi bijak sekali Hotrodiningrat untuk membuat prosesi Red Carpet. Mobil jadi alasan untuk keluar dan showoff di alam terbuka. Foto-fotonya jadi lebih ciamik, cat terlihat lebih menawan, airsus pun dimainkan.

DeepEnd masih salut akan etos kerja dari Hotrodiningrat. Semua ini dilakukan penuh untuk mendukung ekosistem mobil retro Indonesia, khususnya Yogyakarta. Selalu memberikan yang terbaik meski hanya setahun sekali.

2024 lagi? Tentu saja, apalagi ada bocoran dari 4 mesin yang dipajang karena akan dipasang di mobil yang nanti akan display di Hotrod Weekend Party 2024.