Bersamaan dengan gelaran ‘Kia Movement to Discover’ yang berlangsung di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan model terbaru, The New Kia Carnival pada Rabu (29/5/2024).

Ini merupakan penyegaran dari Kia Carnival generasi keempat yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada event GIIAS 2021 silam.

Dijelaskan oleh Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT KIA, ubahan eksterior maupun interior pada new Kia Carnival menambah kesan sporti kendaraan tanpa menghilangkan nuansa mewah.

“Kami memperkenalkan dan meluncurkan The New Kia Carnival yang merupakan penyegaran dari versi sebelum, kini hadir dengan tampilan eksterior dan interior baru,” ucap Ario.

Tampil lebih tegas, desain fascia diperbarui masih dengan mempertahankan ciri khas Tiger Nose Grille. Lampu depan disematkan berbentuk vertikal mengadopsi teknologi LED dan DRL Star Map Lamp.

Masuk ke kabin, new Kia Carnival menyuguhkan desain modern dan mewah identik dengan mobil listrik Kia EV6 dan EV9.

Ada Curved Display Premium Cluster 12,3 inci dilengkapi Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto 12,3 inci. Melengkapi fitur hiburan hadir Premium Sound System Bose di 12 titik, tersedia pada tipe Premiere.

Memudahkan pengguna, tombol pengaturan AC disamakan dengan EV6 menggunakan Infotainment & Climate Switchable Control.

Sementara itu jok pengemudi dan penumpang depan dibekali Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support. Di jok baris kedua varian 7-seater penumpang dapat menikmati ventilated dan heated seat.

Fitur penunjang lain termasuk Wireless Charging dan Side Manual Sunshade Curtain baris kedua maupun ketiga. Lalu nuansa mewah juga didukung dengan kehadiran Dual Wide Sunroof.

New Kia Carnival sudah rangkaian teknologi keselamatan ADAS (Advanced Driver Assistance System) termasuk Driver Attention Warning, Blind Spot View Monitor sampai Lane Keeping Assist.

Bicara dapur pacu tidak ada ubahan, masih pakai mesin diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi, hasilkan tenaga 191 hp dan torsi puncak 441 Nm disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis delapan percepatan.

Untuk pilihan warnanya, tersedia empat opsi yakni Snow White Pearl, Ceramic Silver, Aurora Pearl Black dan Astra Blue.

Dengan berbagai ubahan yang didapatkan dan ragam fitur baru yang ditawarkan, The New Kia Carnival kini dipasarkan dengan harga mulai Rp 960 jutaan.

Berikut harga lengkap dari 3 varian The New Kia Carnival:

• Kia Carnival Premiere 7-seater: Rp 1.155.000.000 – on the road Jakarta

• Kia Carnival Premiere 11-seater: Rp 998.000.000 – on the road Jakarta

• Kia Carnival Dynamic 11-seater: Rp 960.000.000 – on the road Jakarta

Harga itu sudah termasuk dengan garansi kendaraan selama 5 tahun atau tanpa batasan kilometer dan gratis jasa perawatan berkala hingga 4 tahun atau 50.000 kilometer.