Nun jauh di sana, 769 kilometer dari kantor DeepEnd.
Terdapat sebuah tuning workshop yang memulai dari nol.
Bahkan mengajarkan kita arti persistensi.


Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) persisten mempunyai arti sebagai sesuatu yang terus-menerus, berkesinambungan, gigih dan kukuh. Fran Susanto keluar dari zona inkubasinya, dengan mengikuti The Elite Showcase dan track day di Mandalika lewat sebuah Mirage Cyborg ZR.

Semua mata memandangnya.
Suddenly out of nowhere.
A fox appeared in the garden.

Mirage Cyborg ZR adalah mobil jalan raya yang diproduksi oleh Mitsubishi. Pertama kali muncul di Gran Turismo 2 dan telah ditampilkan di semua game utama berikutnya hingga Gran Turismo 6, dengan pengecualian Gran Turismo 3: A-Spec.

Memiliki bodi hatchback 3-pintu dan mesin 4-line 1.597 cc dengan tenaga 173 Hp dan torsi 167 Nm. Dimensi keseluruhannya punya panjang 3.890 mm,  lebar 1.680 mm (tanpa spion) dan tinggi 1.385 mm.

Di Trowulan, Mojokerto,  Jawa Timur, DeepEnd menemui sosoknya secara langsung. Fran with open hands, memberikan waktu mencoba mobil sepuas-puasnya. Mitsubishi Mirage Cyborg ZR CJ4A rilisan 1997 ini bebas diajak kebut.

Konsep modifikasinya dimiripkan dengan sosok mobil legenda reli dunia Tommi Mäkinen. Walaupun sebenarnya secara basis berbeda, dari sedan digeser ke 3-door hatchback. Namun dua aspek digabung jadi satu yaitu legenda reli dan mobil unik yang ada di Indonesia.

Body part full OEM Evo 6.5.
Mesinnya Mivec 1.6 manual.
Interior hitam dengan jok Tommi Mäkinen Edition.
Fullset dashboard dari TME.

Yang sulit adalah pencariannya, bukan pemasangannya.
Butuh proses menemukannya.
Ketika sudah didapat, hanya perlu fitting yang presisi agar rapi.
Selebihnya hanyalah plug and play.

Materi yang digunakan 99% OE. Kecuali lengkung fender belakang yang dibikin custom. Dan ban sudah menggunakan karet bundar dari Indonesia. Bukankan ini konversi yang superb?!


Workshop:
Mikail JDM Autopart @mikailautopart

Data Mods:
Mivec NA 1.6 manual 5-speed, Evo 6.5 TME engine hood, Evo 6.5 TME front bumper, Evo fender, Evo 6.5 head lamp, Evo 6.5 turn signal lamp, Mirage facelift stop lamp, Evo 6.5 TME side skirt, custom rear fender arch, Mirage ’99 facelift spoiler, Ganador Original CP9A side mirror, Enkei TME 6.5 + Champiro SX2 225/45 R17, Ralliart Evo 6.5 mud flap, Brembo CT9A disc brake, arm rest holder, Mirage RS door trim, Evo 6.5 instrument cluster, Ralliart CP9A steering wheel, Ralliart CT9A Evo 9 gauge, Evo 6.5 TME shift knob + gear lever, Evo 6.5 TME radio, Ralliart floor mat, TME livery