Sejak tahun 2002, DeepEnd sempat meliput beberapa Integra generasi keempat ini. Ada yang peruntukan kontes, dibawa speedaholic ke ujung-ujung jalan tol atau malah lebih suka menyimpannya di garasi sebagai koleksi yang mempertahankan pristine condition.

Beberapa waktu lalu, DeepEnd ke Surabaya. Surganya Power Trip, aliran modifikasi (mobil) dengan performa mesin yang mumpuni. Mau bertemu Integra DC5 yang terlihat segar bugar, dengan “odometer yang stabil” namun sudah banyak sentuhan modifikasinya dengan skema PnP.

Semua bermula saat Honda lagi bersemangat mengeluarkan para pemuas jalan raya. Selain NSX, Accord Type R CH1, Civic Type R EP3 dan kemudian diikuti Integra DC5. Julukan Type R sendiri sejak awal digunakan untuk berbagai model Honda berorientasi performa tinggi.

Ketika hadir di 1985, Integra gen 1 langsung laku laris manis. Gen ke-3 nya dinobatkan menjadi mobil berperforma kompak terbaik sepanjang masa. Sehingga tak heran saat Integra DC5 hadir, publik meresponsnya amat antusias. Setengah tahun kemudian, di Tokyo Motor Show 2001, Integra Type R secara resmi dirilis.

Bobot bodi lebih ringan, tenaga ekstra dari VTEC yang jauh lebih baik dan kapasitasnya bertambah 200 cc, transmisi bertambah satu format menjadi 6 percepatan dan pengaturan sasis yang lebih berfokus pada pengemudi.

Yang sangat menarik adalah ruang kokpit lebih lapang akibat dari perubahan tata letak dari suspensi depan double wishbone menjadi MacPherson strut. Walaupun pengaturan double wishbone tetap dipertahankan di bagian belakang.

Sedangkan detail optimalisasi lainnya meliputi bodi yang lebih rendah ketimbang Integra biasa, termasuk pegas dan peredam yang lebih kaku, penyangga penyangga depan dari aluminium, dan batang anti-roll belakang yang lebih tebal.

Integra Type R ini otentik. Atas seizin sang pemilik, Zaza, DeepEnd diperbolehkan memotret peneng Type R yang berada di sekitar bagian atas dudukan suspensi depan. Bahkan boleh mencoba duduk di barisan jok depan. Ahhh…., senangnya!


Workshop:
Garasi AW @garasi.a.w

Data Mods:
AP Racing Radical 360 mm/6 pot, Volk Racing ZE40 18x(9+10) inches, Yokohama Advan Neova 245/35R18 & 265/35R18, Ohlins coilover, Mugen pre facelift body kit, Mugen GT wing, Mugen engine hood, pre facelift head lamp, Skunk 2 intake, Skunk 2 throttle body, K&N open air filter, K-Tuned oil dip stick, Mugen oil fueler cap, Mugen front strut bar, Mugen steering wheel, Mugen shift knob, Defi 3Din meter, Innovate AFR meter, K-Tuned extension shifter mount, K-Tuned exhaust system