RMA Indonesia nampaknya masih optimis terhadap potensi pasar Ford di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan meresmikan dealer Ford terbarunya di Yogyakarta.

Mengusung konsep 3S (Sales, Service, Sparepart), dealer ini juga diproyeksikan menjadi tolok ukur layanan gerai penjualan Ford lainnya di seluruh Indonesia.

Toto Suharto, Country Manager RMA Indonesia mengatakan, peresmian dealer Ford 3S Yogyakarta ini merupakan refleksi dari visi RMA Indonesia untuk mendekatkan layanan Ford kepada masyarakat Indonesia.

“Kami melihat potensi besar di Yogyakarta dan sekitarnya, yang merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa. Dengan fasilitas modern dan tim yang terlatih, dealer ini akan menjadi tolok ukur bagi pengembangan jaringan gerai-gerai penjualan Ford di seluruh Indonesia. Dengan layanan yang terstandardisasi, kami optimistis kepuasan pelanggan semakin meningkat dan posisi Ford di pasar otomotif nasional pun kian menguat. Harapannya, langkah ini semakin mendorong tumbuhnya banyak dealer lokal sehingga memacu ekspansi industri otomotif Indonesia,” ujarnya dalam acara peresmian.

Bukan tanpa alasan. Pemilihan Yogyakarta sebagai lokasi dealer Ford 3S didasari oleh berbagai faktor pendukung. Pada triwulan I 2024, DIY mencatatkan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa sebesar 5,02 persen, menunjukkan daya beli masyarakat yang kuat.

Sebagai pusat wisata dan pendidikan terkemuka di Indonesia, Yogyakarta menawarkan potensi pasar yang beragam dan dinamis. Lokasi strategisnya menjadikan Yogyakarta sebagai hub ideal untuk melayani area Jawa bagian Selatan. Pembukaan dealer ini merupakan langkah logis untuk meningkatkan layanan dan memperkuat pangsa pasar.

Menempati lokasi strategis di Jalan Cupuwatu, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Dealer Ford 3S Yogyakarta ini menempati bangunan seluas 2.200 meter persegi dan menawarkan layanan komprehensif sesuai konsep 3S (Sales, Service, and Spare Part). Ruang pamer (showroom) yang luas mampu menampilkan beragam model Ford terbaru, memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi kendaraan impian mereka.

Sisi ‘Service’ terepresentasikan melalui fasilitas bengkel yang lengkap dan luas, alat diagnostik kendaraan yang canggih, serta diperkuat para teknisi yang berpengalaman. Fasilitas dan SDM yang mumpuni mendukung efisiensi dan kecepatan layanan Ford 3S Dealer Yogyakarta kepada pelanggan. Ruang tunggu yang nyaman juga disediakan bagi pelanggan yang menanti kendaraannya saat ditangani.

Sementara untuk ‘Sparepart’, Dealer Ford 3S Yogyakarta melayani pemesanan dan penyediaan suku cadang original Ford dengan jaminan keaslian untuk beragam tipe kendaraan Ford. RMA Indonesia juga memberikan garansi atas pembelian suku cadang hingga 12 bulan atau 20.000 km untuk setiap pembelian dan pemasangan di seluruh dealer resmi Ford.

Dari segi ‘Sales’, Ford menawarkan berbagai program menarik dan jaminan after-sales yang menyeluruh, serta garansi untuk pembelian unit baru selama 36 bulan atau 100.000 km.

Selain Yogyakarta, lokasi gerai berkonsep 3S lainnya tersebar di Mampang (Jakarta), Tomang (Jakarta), Banjarmasin, Samarinda, Medan, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Tak hanya gerai berkonsep 3S, RMA Indonesia dan Ford juga memiliki 20 dealer berkonsep 2S (Service and Sparepart) yang tersebar di 24 kota di Indonesia. RMA berencana untuk terus mengembangkan cabang-cabang baru di berbagai daerah potensial di Indonesia.