Wuling Motor Indonesia mengumumkan bahwa dalam waktu dekat akan melakukan produksi lokal baterai mobil listriknya secara lokal.

Langkah tersebut tentunya menjadi bukti pabrikan asal China ini dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Dimulai akhir tahun ini (rencana untuk produksi lokal baterai). Untuk lokasi pabriknya ada di Cikarang,” jelas Liu Yan, Marketing Operation Director Wuling Motors di sela-sela peluncuran Wuling Air ev Lite Long Range di Mall Kelapa Gading (MKG) 3, Jakarta Utara, Jumat (20/9/2024).

Baterai mobil listrik Wuling tersebut dinamakan MAGIC Battery, yang merupakan singkatan dari beragam aspek. Yaitu sebagai berikut:

M: Multifunction Unitized Structure Technology
A: Advanced Cell Safety
G: Greater Performance
I: Intelligent Management
C: Combustion Free

MAGIC Battery ini diklaim Wuling lebih aman, terlebih untuk menepis kekhawatiran masyarakat terkait isu baterai mobil listrik yang mudah meledak/terbakar.

“Baterai ini, juga meminimalisir terjadinya korslet dan bocor. Sel baterai telah melakukan serangkaian pengujian, dan lulus sehingga berfungsi normal meski terjadi tabrakan, dan tak ada kasus terbakar atau meledak sendirinya,” tegas Liu.

Salah satu kelebihan darri baterai ini adalah punya kemampuan modular, yang membuat produk ini mudah diperbaiki dan mengandung sel baterai yang canggih dengan peningkatan struktur di dalamnya, serta lapisan keramik sebagai konduktor panas yang rendah.

Sebagai informasi, baterai lokal Wuling ini kemungkinan besar akan digunakan untuk model baru, atau bisa juga menjadi pengganti baterai lama yang memang saat ini sudah digunakan di berbagai model yang telah dipasarkan oleh Wuling di Indonesia.